about life

10 Besar Ancaman Keamanan di 2007

Ni Ketut Susrini – detikInet

logo (ist)
Auckland, Perusahaan keamanan sistem McAfee Inc. mengumumkan prediksinya seputar sepuluh besar ancaman keamanan tahun 2007 dari McAfee Avert Labs. Berdasarkan data McAfee Avert Labs, diketahui ada 217.000 varian ancaman yang dikenali dan ribuan lainnya yang belum teridentifikasi.

Dari data tersebut, perusahaan menilai makin banyak malware yang dihasilkan oleh kelompok-kelompok kriminal profesional.

Berikut adalah prediksi sepuluh besar ancaman keamanan di tahun 2007 menurut McAfee Avert Labs:

1. Kasus pencurian password makin sering terjadi, menggunakan halaman sign-in palsu milik layanan online kenamaan seperti eBay atau Yahoo.

2. Jumlah spam, khususnya spam berwujud gambar pemakan bandwidth, akan makin banyak.

3. Popularitas layanan berbagi video di Web dimanfaatkan para hacker jahat. Mereka akan makin giat menunggangi file-file MPEG sebagai sarana pendistribusian program pengganggu.

4. Serangan ke ponsel makin mejadi-jadi seiring dengan makin banyaknya ponsel-ponsel pintar dengan kemampuan konektivitas yang makin canggih.

5. Adware makin merajalela, seiring makin banyaknya Potentially Unwanted Programs (PUPs) komersial.

6. Pencurian data dan kehilangan data makin jadi masalah publik. Akar masalahnya biasanya disebabkan karena pencurian komputer, back-up data yang hilang dan sistem informasi yang bermasalah.

7. Bots, program-program komputer yang menjalankan fungsi-fungsi otomatisasi, makin banyak digunakan sebagai sarana favorit para hacker jahat.

8. Malware parasitik, atau virus-virus yang memodifikasi file-file atau media penyimpanan, kembali muncul dan siap beraksi.

9. Jumlah rootkit di platform 32-bit bertambah banyak, akan tetapi hal ini diiringi dengan kemampuan proteksi dan penanggulangan yang juga makin baik.

10. Kelemahan sistem masih akan terus-menerus menimbulkan masalah keamanan.

Per Juli 2006, McAfee mengumumkan pihaknya telah menambahkan proteksi terhadap ancaman ke-200.000 dalam database mereka. Sejak 1 Januari 2006, McAfee telah menambahkan kurang-lebih 50.000 ancaman baru ke dalam database-nya dan sedang dalam tahap menambahkan 225.000 ancaman baru hingga akhir tahun nanti.

Melihat tren saat ini, McAfee memperkirakan ancaman ke-300.000 akan teridentifikasi pada akhir 2007. Demikian seperti dikutip detikINET, Minggu (10/12/2006) dari keterangan tertulis McAfee.(nks/nks)

from: http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/12/tgl/10/time/190356/idnews/718291/idkanal/323

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.