Programming Wakanda

Apa itu Wakanda

beberapa saat ini saya sedang mempelajari sebuah bahasa pemrograman baru atau tools ya? entah bagaimana menamakannya.

Wakanda adalah sebuah platform yang dikhususkan untuk membangun sebuah aplikasi bisnis berbasis web. Secara khusus di dalam Wakanda jika kita melakukan instalasi, maka akan tersedia 2 paket dari Wakanda, antara lain Wakanda Server dan Wakanda Studio.

Wakanda Server adalah paket aplikasi yang berisikan Wakanda web server dan Wakanda Database Server.

Wakanda menggunakan java script yang dikompilasi sedemikian rupa sehingga bisa berjalan di server, atau yang lebih dikenal istilah SSJS (server side java script). Kalau teman-teman belajar mengenai Node.JS, konsepnya serupa.

Untuk database, wakanda mengandalkan database berbasis NoSQL, yang dikenal dengan kehandalannya untuk mengelola data yang bersifat unstructure.

di sisi front end, sudah dilengkapi dengan JQuery dan saat ini juga sudah dikembangkan Angular-JS, yang popular dipakai oleh google. Tidak ketinggalan pula dengan teknologi web socket.

Untuk aplikasi mobile sudah disupport dengan phone gap yang diintegrasikan di Wakanda studio Enterprise. Meskipun demikian konektifitas data sudah tersedia melalui REST, sehingga kita bisa dengan bebas melakukan konektifitas dengan aplikasi atau database lain yang mendukung REST.

Di luar itu, Wakanda studio juga menyediakan widget-widget yang terus dikembangkan untuk mempermudah dan mempercepat dalam membangun aplikasi.

Aplikasi Wakanda dapat didownload di http://www.wakanda.org

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.