about life

Arogan, sebuah cerita dalam kehidupan

Arogan menurut kamus besar bahasa Indonesia online http://kbbi.web.id/aroganarogan/aro·gan/ a 1 sombong; congkak; angkuh; 2 Psi mempunyai perasaan superioritas yang dimanifestasikan dalam sikap suka memaksa atau pongah: dalam dunia yang penuh manusia — dan kepalsuan ini, kemampuan melihat dan merasakan kekuasaan dan kebesaran Allah akan menyebabkan seseorang memiliki jiwa besar

Kita mungkin sering bersikap arogan, karena kekhilafan kita. Secara manusiawi, sifat protektif seseorang sering muncul, terutama ketika mendapat konflik dengan manusia lain. Sangat amat perlu pembelajaran mengendalikan sebuah sikap arogan.

Kenapa manusia bersikap arogan? Kemungkinan besar ada aspek ketakutan. Takut dikalahkan, takut dilecehkan, takut tidak dianggap.

Bagaimana mengendalikan sikap arogan? kembali lagi kepada ego yang melekat. Saat ini saya sedang belajar untuk mengendalikan sebuah sikap arogan. Caranya dengan menekan ego kita, berhenti banyak berbicara dan menggantikannya dengan banyak mendengar dan yang lebih penting lagi mengendalikan apa yang kita ucapkan, karena mungkin apa yang kita ucapkan terdorong oleh sikap arogan kita.

Kembali untuk menjadi manusia.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

One thought on “Arogan, sebuah cerita dalam kehidupan”

  1. Ping-balik: Lagi-Lagi Tentang Ego

Tinggalkan Balasan