Berbahayakah Olahraga Lari di Usia Tiga Puluhan

Sebelumnya saya mendapatkan informasi bahwa berolahraga lari sangat rawan di usia tiga puluhan seperti saya ini. Dari informasi tersebut, saya mencoba mencari tahu di internet apakah benar olahraga lari menjadi berbahaya di usia tiga puluhan.

Saat ini saya berusia tiga puluh delapan tahun. Selama beberapa bulan lalu saya mencoba berolahraga lari. Setiap berlari saya lakukan kurang lebih 2 hingga 5 kilometer. Pernah setelah melakukan olahraga lari selama 5 kilometer, saya mendapati tulang kering kaki saya sakit, dipegang saja juga sakit. Saya cari tahu diinternet, bahwa hal tersebut terjadi karena cedera pada tulang kering dan tidak boleh dipaksakan untuk berlari karena bisa berbahaya bagi tulang kering

Berbahayakah Olahraga Lari di Usia Tiga Puluhan

Dari pengalaman ini saya merasa ada benarnya juga ya kalau berolahraga lari pada usia tiga puluhan itu berbahaya. Akan tetapi saya melihat beberapa kawan saya yang mungkin usianya juga kurang lebih sama ataupun lebih tua hingga saat ini masih melakukan olahraga lari.

Ada beberapa referensi yang saya dapatkan dari internet

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1216352/pilih-olahraga-yang-cocok-untuk-usia-anda
http://www.readersdigest.co.id/olah-tubuh/olahraga+apa+yang+cocok+dengan+usia+anda%3F
http://dunialari.com/lari-di-usia-senior/
https://www.dokter.id/berita/olahraga-untuk-anda-yang-berusia-diatas-50-tahun

Dari beberapa referensi tersebut dapat saya rangkum sebetulnya tidak apa-apa untuk melakukan olahraga lari pada usia tiga puluhan, akan tetapi yang harus diperhatikan adalah kemampuan fisik tubuh, mengingat pada usia tiga puluhan pastilah kondisi fisik sudah menurun. Disarankan untuk tidak terlalu melakukan olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik. Selain itu juga disarankan pada usia tiga puluhan untuk melakukan kegiatan olahraga yang berfokus pada kardio. Mungkin pilihan yang tepat untuk kamu yang berusia tigapuluhan dan masih semangat untuk berolahraga lari adalah dengan melakukan lari ringan atau joging. Tidak perlu lama, cukup tiga puluh menit saja.
Selain itu sangat disarankan menjaga rutinitas dari olahraga yang kita lakukan.

Baca Juga   Uang Bekerja Untuk Kita

Ilustrasi gambar diambil dari https://ipasuheti.files.wordpress.com/2017/03/cara-lari-yang-baik-untuk-menambah-tinggi-badan.jpeg?w=439&h=329

Leave a Reply