about life

Betapa Pentingnya Komunikasi


Seringkali suatu masalah menemui jalan buntu dan tidak terselesaikan. Bahkan seringpula timbul suatu masalah baru, karena pesan tidak tersampaikan.
Inti dari komunikasi adalah bagaimana suatu pesan yang dikirimkan dapat diterima oleh orang yang dituju.
Akan tetapi sering terjadi distorsi pada saat pengiriman pesan.
Cara yang paling tepat untuk memastikan bahwa pesan yang kita kirimkan sudah diterima dengan tepat adalah dengan cara mengulangi kembali pesan yang kita kirimkan dengan penegasan, ataupun meminta penerima pesan mengulangi kembali pesan yang kita kirimkan.
Berikut adalah suatu cerita, di mana komunikasi tidak terjalin dengan baik.

Suatu masa di Amerika, di mana anak-anak kecil pada saat itu memakai celana pendek. John mempunyai keinginan yang berbeda dengan anak-anak sebayanya. Dia sangat ingin memakai celana panjang.
Melihat keinginan anaknya yang sangat kuat, ibu John membelikan sebuah celana pendek.
Sayangnya celana itu terlalu panjang bagi John.
Lalu sang ibu meletakkan celana itu di meja.

Pada malam hari, sang ibu terbangun karena teringat dengan celana panjang tersebut. Karena ingin menyenangkan hati John, sang ibu bergegas bangun dan memotong celana tersebut dan merapikannya kembali. setelah selesai sang ibupun tertidur dengan pulas karena harapannya menyenangkan anaknya bisa tercapai.

Tidak lama setelah sang ibu tertidur, sang nenek rupanya juga terbangun karene teringat dengan celana John yang kepanjangan tersebut. Tidak lama sang nenek memotong dan merapikan celana tersebut, setelah itu sang nenek tertidur kembali.

Beberapa saat kemudian, sang kakak juga terbangun dan rupanya melakukan hal yang sama, yaitu memotong celana panjang John.

Keesokan harinya, John terbangun dan mendapati celana panjang miliknya menjadi sangat pendek, bahkan lebih pendek dari celananya saat ini.

Begitulah kisah yang menunjukkan betapa komunikasi itu sangat penting.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.