Ini Yang Akan Dilakukan Oleh Pemerintah Untuk Meningkatkan Daya Saing Logistik Indonesia
Logistics

Ini Yang Akan Dilakukan Oleh Pemerintah Untuk Meningkatkan Daya Saing Logistik Indonesia

Pemerintah semakin serius untuk menjadikan sektor logistik sebagai fokus yang harus segera dilakukan pembenahan. Komposisi biaya logistik yang tinggi dipercaya adalah salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak secepat yang diharapkan.

Ini Yang Akan Dilakukan Oleh Pemerintah Untuk Meningkatkan Daya Saing Logistik Indonesia
Ilustrasi Peti kemas

Pemerintah Jokowi-JK bahkan menyampaikan secara khusus melalui beberapa paket kebijakan yang dikeluarkan sangat mendukung terjadinya reformasi sektor logistik. Dipercaya bahwa melalui reformasi logistik, pembenahan infrastruktur, pembenahan aturan yang berkaitan dengan sektor logistik maka Indonesia dapat mampu bersaing dengan negara-negara sekitarnya misalnya Singapura, Malaysia dan Thailand.
Dengan kunci kekuatan pada letak geografisnya, Indonesia akan menjadikan hal ini sebagai modal dasar untuk menyokong kebangkitan semua potensi Indonesia. Indonesia bisa menjadi market yang potensial, menjadi tempat beriklim usaha yang kondusif jika sektor logistik dilakukan pembenahan.
Pada saat ini, pemerintah masih melihat bahwa Dwelling Time sebagai salah satu faktor yang mengakibatkan tingkat kompetensi logistik kita lebih rendah daripada negara tetangga. Oleh sebab itu, direncanakan melalui paket kebijakan XV, pemerintah akan menetapkan Dwelling Time sebesar 2,2 hari. Untuk mendukung ketetapan ini, perlu ada perubahan di sisi regulasi serta mapping kebutuhan baik sarana inftrastruktur maupun prasarana yang mendukung percepatan efisiensi dwelling time.
Selain dwelling time, pemerintah juga menyoroti kemampuan sumber daya Indonesia di sektor logistik. Banyaknya tenaga kerja sektor logistik yang belum terukur kemampuan akan menghambat pengembangan industri logistik. Oleh sebab itu, penerapan standarisasi kompetensi di bidang logistik bagi pekerja di sektor logistik diperlukan. Pemerintah akan mendorong penerapan sertifikasi pekerja logistik yang berbasis pada kompetensi.
Melalui kedua kebijakan inilah yang akan ditetapkan pada paket kebijakan ke XV, pemerintah Indonesia berusaha untuk meningkatkan daya saing logistik Indonesia.

Artha Nugraha Jonar
Logistics Management Expert Indonesia

catatan: Ilustrasi gambar dari http://translogtoday.com/files/images/640433/2016/04/26/petikemas.jpg

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.