Bisnis

Kabupaten Bojonegoro Menggeliat Dalam Pertumbuhan Ekonomi

kabupaten bojonegoro
http://data.go.id/uploads/group/20140625-062948.143828logokabupatenbojonegoro.png

Secara mengejutkan saya mendapatkan informasi dari sebuah harian nasional yang mengungkapkan bahwa ada kabupaten/kota yang mampu mengungguli pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasar survey yang dilakukan oleh BPS, pertumbuhan nasional Indonesia di tahun 2015 berada di angka 4.79 persen. Ternyata ada satu kabupaten yang berhasil melesat jauh di atas pertumbuhan perekonomian nasional yaitu mencapati 17,42 persen.

Sebelumnya kita tinjau dulu ya apa saja indikator pertumbuhan ekonomi.
Yang pertama adalah pendapatan perkapita masyarakat, kedua adalah laju inflasi, kemudian yang ketiga adalah surplus/Defisit anggaran pendapatan belanja, yang keempat adalah pertumbuhan ekonomi kemudian yang kelima adanya investasi/pembiayaan di daerah tersebut, yang keenam adalah distribusi kesempatan kerja dan yang terakhir adlaah distribusi pendapatan domestik bruto.
Kemajuan Bojonegoro sangat luar biasa. Di bawah kepemimpinan Bupati Drs. H. Suyoto, M.Si. yang sudah menjalani pemerintahan selama dua periode ini, memang patut diacungi jempol. Kalau melihat dari wikipedia, sebetulnya tidak begitu nampak hal yang menarik. Tetapi dengan angka pertumbuhan ekonomi yang mencapai 17,42 persen ini, menunjukkan bahwa ada sesuatu yang luar biasa dari kabupaten Bojonegoro. Salah satunya adalah pola manajemen pemerintahan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.
Kota ini ini sangat layak untuk dikunjungi, untuk melihat bagaimana sebuah kota yang dulunya dipandang sebelah mata, saat ini berhasil bangkit dan malah menjadi yang terbaik dalam pertumbuhan ekonominya.
Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

5 thoughts on “Kabupaten Bojonegoro Menggeliat Dalam Pertumbuhan Ekonomi”

Tinggalkan Balasan