IT

Kiddle, browser untuk anak

KiddleAda satu aplikasi perambah internet atau yang dikenal dengan aplikasi browser yang khusus diperuntukkan untuk anak-anak. Selama ini kita mengenal Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera ataupun Internet Explorer. Hadirlah Kiddle. Aplikasi browser Kiddle diperuntukkan khusus bagi anak-anak. Browser ini dapat diakses di situs http://www.kiddle.co/

Pembuat aplikasi ini mengklaim bahwa produk yang dihasilkannya ini didukung sepenuhnya oleh Google, meski bukan sebagai produk resmi Google. Browser ini mengandalkan fitur “Google Safe Search” yang sudah ditanamkan pada aplikasi google Chrome. Dengan fitur ini, maka browser bisa memilah konten hasil pencarian yang sesuai dengan konten anak-anak.

Seperti pada browser Chrome, aplikasi Kiddle juga mempunyai kategori pencarian seperti web, images, news dan videos. Kiddle menampilkan hasil pencarian yang unik. Pada tiga baris pertama yang dihasilkan, aplikasi ini akan memberikan hasil yang menampilkan konten yang mudah dipahami oleh anak-anak. Pada baris keempat hingga ketujuh, ditampilkan hasil berupa konten dewasa tetapi masih mudah dipahami oleh anak-anak. Sedangkan pada baris kedelapan dan seterusnya, aplikasi ini akan menampilkan konten dengan gaya penulisan dewasa.

Hasil filter pencarian ini dilakukan pengecekan langsung oleh tim Kiddle.

Dengan adanya browser Kiddle ini, membantu bagi orang tua untuk melakukan tambahan filtering di dalam browser, agar anak-anak tidak mendapatkan konten yang tidak sesuai dengan usianya. Namun selain itu, bagi anak-anak juga diperlukan bimbingan orang tua untuk lebih memahami konten-konten yang ada di dunia internet dengan arahan pembelajaran bagi anak.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.