Menggunakan Route Console.php
Laravel

Laravel Tutorial: Menggunakan Route Console.php

Ada empat buah route  yang disediakan oleh Laravel, salah satunya adalah route console. Pada tutorial kali ini, saya akan membahas mengenai cara menggunakan route console.php.

Menggunakan Route Console.php

Route console.php terletak pada folder routes. Route ini digunakan untuk membuat routing command yang berjalan di terminal. Kita biasa menggunakan perintah “php artisan [command]” untuk menjalankan perintah yang telah dikonfigurasikan di dalam Laravel, semisal membuat model atau controller.

Dengan menambahkan routing di dalam console.php, kita bisa menjalankan perintah “php artisan” dengan command yang kita definisikan sendiri.

Misalnya saja saya ingin membuat sebuah perintah “php artisan version” yang berisikan versi dari aplikasi yang saya buat. Jika kita ketikkan perintah “php artisan version” di terminal pasti akan muncul error, karena kata version tidak ada dalam command standard.

Oleh sebab itu kita akan mencoba membuatnya dengan menambahkan routing “version” di console.php, dengan baris kode berikut:

Lalu jalankan perintah berikut di terminal:
Kita akan mendapatkan hasil berikut:

Oya, selain command yang kita buat, secara default Laravel juga menyediakan contoh custom command yang sudah dituliskan kodenya sebelumnya. Custom command ini berisikan random quote dari tokoh-tokoh terkenal, di setiap kita menjalankan perintah “php artisan inspire” maka akan menampilkan quote secara random.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan