Berita Logistik Indonesia

Lirik Bisnis Logistik, Pelindo 1 Gelar Workshop Sistem Logistik Maritim Nasional

Lirik Bisnis Logistik, Pelindo 1 Gelar Workshop Sistem Logistik Maritim Nasional

disadur dari KABARHUKUM-Medan | Pelindo 1 sebagai BUMN yang bergerak dalam bidang kepelabuhan memiliki potensi besar untuk menjalankan roda Bisnis Logistik di masa depan. Ini merupakan jawaban yang harus dilakukan dalam menghadapi tantangan perekonomian global sebagai bentuk pengembangan dan kerjasama bisnis strategis. Memahami akan pentingnya hal ini, Pelindo 1 menggelar Workshop Sistem Logistik Maritim Nasional yang diharapkan akan menambah pengetahuan guna membangun sistem logistik terpadu agar menjadi supporting dari pelabuhan.

Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M Hamied Wijaya yang membuka workshop tersebut menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut karena mereka memahami bahwa bisnis kepelabuhanan yang dikelola saat ini tidak bisa hanya mengelola captive market saja, seperti pelayanan barang, petikemas maupun penumpang.

“Salah satu pengembangan bisnis yang sudah dilakukan Pelindo 1 saat ini adalah bisnis marine service di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, yaitu pelayanan pemanduan dan penundaan kapal Oil Tanking. Selain itu, potensi bisnis kedepan yang dapat dikembangkan oleh Pelindo 1 adalah bisnis logistik. Pemahamaan tentang bisnis logistik di Pelindo 1 masih samar-samar, untuk itulah kita mengadakan seminar tentang logistik maritim nasional ini, untuk menambah pengetahuan dan sharing tentang dunia logistik, yang akan membantu kita untuk membangun sistem logistik yang terpadu yang menjadi supporting dari pelabuhan,” terang Hamied Wijaya.

Sementara itu, Prof Senator Nur Bahagia, pakar logistik dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam workshop ini memaparkan 3 pokok pembahasan, yaitu tentang konsep sistem logistik, infrastruktur logistik dan posisi pelabuhan, serta bagaimana itu sistem logistik maritim. “Kita akan menyamakan persepsi tentang bisnis logistik sehingga dapat membedakan antara transportasi, distribusi, logistik dan supply chain,” jelas Prof Senator.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menyampaikan bahwa kedepan Pelindo 1 akan menghadapi banyak tantangan dalam pengembangan dan kerjasama bisnis yang strategis. “Untuk itu, Pelindo 1 berkomitmen untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal, professional dan kompeten di bidangnya, baik itu melalui pelatihan, workshop, seminar dan berbagai program pengembangan SDM lainnya,” ujar Fiona. Workshop ini diikuti oleh General Manager dari seluruh cabang pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo 1, para senior manajer, dan anak perusahaan Pelindo 1. (*)

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.