kuliner

Lontong Balap Rajawali Surabaya

Halo semua. Edisi kuliner saya akan mencoba salah satu makanan khas yang berasal dari Suroboyo yaitu lontong balap. Selain unik, lontong balap ini juga enak, karena itu banyak yang menggemari makanan ini.

Kali ini saya akan mengunjungi salah satu tempat makan yang menyediakan menu lontong balap. Lokasinya berada di jalan Rajawali Surabaya.

Untuk mencari tempat ini sangat mudah, tinggal menuju ke jalan Rajawali. Lokasinya persis di seberang SPBU dan tepat berada di tikungan jalan.

Lontong Balap Rajawali Surabaya
Lokasinya berada di tikungan jalan

Oya, sebelum menyantap lontong balap kita flash back dulu ya mengenai tempat ini. Dari cerita, tempat ini berdiri sudah sejak tahun 1956, wahhh udah lama juga ya. Kalau dari lokasinya sih masuk akal juga, karena pada jaman itu, jalan Rajawali ini adalah termasuk pusat perkantoran dan perdagangan.

Lontong Balap Rajawali Surabaya
Pelayanannya ramah dan cepat

Untuk kamu yang penasaran dengan apa itu lontong balap. Lontong balap adalah makanan yang terdiri dari irisan lontong yang berpadu dengan kecambah dengan perpaduan tahu dan lento yang terbuat dari olahan kacang. Perpaduan tadi disiram dengan kuah yang sedap. Kenapa makanan ini dinamakan lontong balap? Konon dahulu dinamakan lontong Surabaya, tetapi karena cara para penjualnya yang berjalan cepat (dengan pikulan) maka dinamakan lontong balap.

Lontong Balap Rajawali Surabaya
Lontong balap Rajawali

Bagaimana dengan lontong balap rajawali? Menurut saya lontong balap Rajawali ini sangat enak. Isiannya hampir sama dengan lontong balap pada umumnya. Disajikan dengan lontong dan kecambah serta irisan tahu dan lento.

Lontong Balap Rajawali Surabaya
Tambah sambal petis lebih mantap

Kalau doyan pedas sambel petisnya bisa dicampurkan ke dalam lontong balap yang akan semakin menambah cita rasanya.

Lontong Balap Rajawali Surabaya
Sate kerang mantap

Jangan lupa ya untuk mencicipi sate kerangnya yang diberi bumbu kecap dengan taburan bawang.

Untuk mencicipi seporsi lontong balap Rajawali yang enak ini, kita cukup membayar 15 ribu saja (harga mei 2018).

Lontong Balap Rajawali Surabaya
yuk makan

Ok brad, itu ulasan saya tentang lontong balap rajawali. Kalau mencari makanan khas Surabaya jangan lupa mampir ke lontong balap Rajawali ya.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.