Mari Mulai Membangun Kerajaan Bisnis

Membangun kerajaan bisnis adalah impian setiap orang, tapi bagaimana caranya?

Mari Mulai Membangun Kerajaan Bisnis
Pertama kita harus mempunyai suatu produk atau jasa yang bisa kita tawarkan kepada orang lain. Produk atau jasa tersebut bisa berasal dari diri kita ataupun berasal dari orang lain dan kita berlaku sebagai reseller. Tetapi mempunyai suatu produk dan jasa adalah suatu kewajiban.

Syarat yang kedua adalah mempunyai model untuk menjalankan bisnis. Ada yang memberikan bentuk modal adalah uang yang harus disiapkan, tetapi sebenarnya selain uang, kita juga harus mempunyai modal yang tidak dapat diukur yaitu semangat dan kemauan yang pantang menyerah.

Setelah kedua hal tersebut, selanjutnya kita dapat memulai untuk menjalankan bisnis yang kita tentukan. Untuk memulainya, mari kita petakan dahulu kompetisi dari produk atau jasa yang kita jual. Jika kompetisinya terlalu tinggi, maka perlu membuat diferensiasi dari produk yang kita miliki. Tentu ini hal yang termasuk sulit untuk membuat diferensiasi. Jika kita tidak membuat diferensiasi maka yang bisa dilakukan adalah tidak mengambil margin profit yang besar dari harga yang ditawarkan. Selain itu juga bisa menggunakan media promosi yang lebih gencar daripada kompetitor yang lainnya.

Selanjutnya pastikan kita mempunyai networking yang berkaitan dengan produk yang kita miliki. Misalnya kita bisa bergabung dalam komunitas yang mungkin membutuhkan produk kita. Tentu saja ini sangat memudahkan dalam memasarkan produk kita kelak.

Berikutnya adalah memastikan bahwa supplier dari produk kita bisa mendukung dalam jangka waktu yang lama. Hal ini perlu kita pastikan mengingat perjalanan kesuksesan bisnis kita pada saat awal memulai bisnis masih belum bisa terukur dengan baik. Oleh sebab itu wajib bagi kita untuk memastikan hubungan dengan suplier kita bisa dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga   Rokayah, Contoh Potret Kemiskinan yang Nyata dan Masih Banyak yang Lainnya

Salah satu yang paling penting dengan meminjam kata-kata dari Bob Sadino, “Suatu bisnis yang berjalan dengan adalah bukan bisnis yang hanya dipikirkan, tetapi harus dengan segera dijalankan

Ilustrasi gambar dari https://www.waladala.com/wp-content/uploads/2015/12/tips-sukses-membangun-kerajaan-bisnis.jpg

Leave a Reply