Melihat Patung Budha Tidur di Maha Vihara Majapahit

Kerajaan Majapahit mempunyai dua agama besar yang dianut oleh masyarakatnya yaitu Hindu dan Budha. Oleh sebab itu tidak heran agama Budha juga berkembang pesat di daerah ini. Daerah Trowulan adalah salah satu kawasan yang dipercaya menjadi pusat kerajaan Majapahit. Di Trowulan kita bisa melihat gambaran melalui peninggalannya mengenai kehidupan masyarakat kerajaan Majapahit pada saat itu, termasuk juga kehidupan beragamanya. Salah satunya adalah berkembangnya pusat-pusat keagamaan seperti tempat ibadah yang masih lestari. Kehidupan beragamanya pun dapat kita jumpai hingga saat ini.

Nah di Trowulan kita bisa menemukan sebuah vihara yang unik yaitu Maha Vihara Majapahit. Kenapa unik? karena di dalam vihara ini kita bisa mendapati patung Budha tidur, ya seperti halnya patung Budha tidur yang kita bisa dapati di Thailand. Hanya saja patung Budha tidur di vihara Majapahit ini berukuran lebih kecil dari yang ada di Thailand.

Jarak dari Surabaya

Untuk menuju lokasi ini juga tidak sulit. Petunjuk arah dengan mudah dapat kita temui di sini. Jika kamu berangkat dari Surabaya, kurang lebih dapat ditempuh dengan waktu dua jam. Awalnya saya memakai aplikasi Waze untuk mencari tempat ini, sayangnya Waze malah menunjukkan arah sebaliknya alias menuju gerbang belakang vihara yang tertutup. Nah sebaiknya ikuti saja jalan petunjuk yang sudah disediakan oleh warga

patung budha tidur
pintu masuk vihara

Tempat ini sungguh sangat menarik. Bayangkan mayoritas pengunjung dari vihara ini adalah beragama non Budha. Hal ini terjadi karena tempat ini juga dijadikan sebagai bagian tempat wisata.

patung budha tidur
patung Budha tidur

Vihara ini memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Tempatnya sangat asri. Banyak pepohonan. Dan banyak hal yang bisa kita lihat. Seperti misalnya patung Budha tidur, memberi makan ikan di kolam yang berada di bawah patung Budha tersebut, melihat relief perjalanan Budha dan beberapa patung Budha.
di tempat ini kita juga bisa mendapati beberapa pedagang yang menjual cendera mata yang berkaitan dengan vihara ini, seperti patung-patung kecil, makanan oleh-oleh ataupun kaos.

 

patung budha tidur
Relief tentang Budha
patung budha tidur
Banyak ornamen patung

so, kalau kamu kebetulan melintas di Trowulan Mojokerto atau belum punya tujuan mau jalan-jalan ke mana, tempat ini bisa kamu kunjungi.

Tinggalkan Balasan