Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2016

Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2016Menurut kamusbesar.com, yang dimaksud dengan pahlawan nasional adalah Seseorang yang semasa hidupnya karena terdorong rasa cinta tanah air, sangat berjasa dalam memimpin suatu kegiatan yang teratur guna menentang penjajahan di Indonesia, melawan musuh dari luar negeri, ataupun sangat berjasa baik dalam lapangan politik ketatanegaraan, sosial ekonomi, kebudayaan maupun dalam lapangan ilmu pengetahuan yang erat hubungannya dengan perjuangan kemerdekaan dan perkembangan Indonesia. (Keppres RI No.228 tahun 1963, Bab I, Pasal I).

Pada hari ini kita Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2016. Rakyat Indonesia diingatkan kembali, bahwa ada sebagian dari kita yang rela untuk memperjuangan hidupnya demi bangsa dan negara ini. Kita banyak belajar dari pahlawan-pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Pemerintah sendiri tidaklah bisa sembarangan untuk menetapkan gelar pahlawan nasional, oleh sebab adanya kriteria bahwa seseorang tersebut memang seorang pahlawan.

Meski demikian, secara definisi, gelar pahlawan juga diberikan oleh masyarakat kepada pribadi atau rakyat Indonesia yang berjuang untuk kemajuan bangsa ini. Oleh sebab itu kita banyak mendengar maupun melihat banyak gelar pahalawan yang dianugerahkan kepada orang yang memang berjasa untuk kehidupan orang lain. Dalam lingkup yang lebih kecil misal keluarga, gelar pahlawan juga bisa disandingkan kepada orang yang telah berjasa kepada keluarga tersebut, semisal orang tua kita yang telah berjasa dalam kehidupan kita.

Tanggal 10 November 2016 ini adalah momentum kita untuk mengingatkan diri kita, mengguggah rasa kebangsaan dan nasionalisme kita, dan mengingatkan kembali kepada para pahlawan yang telah rela gugur dalam memperjuangkan dan membangun negeri ini, dengan tanpa rasa pamrih. Semoga kita dapat belajar dari mereka.

Terima kasih pahlawan Indonesia

2 comments

  1. Selamat hari pahlawan

    Semoga bukan sekedar peringatan aja. Tapi juga kita juga makin paham dengan hakikat berjuang dalam hidup..

    Pahlawan masa lalu sejatinya juga berjuang dalam hidup kan?

    Mari ayo kerja dalam berjuanggg..

Tinggalkan Balasan