Mengenal Perusahaan Jasa Pengiriman Barang

Perusahaan Jasa Pengiriman BarangHai kembali lagi dengan Artha Nugraha Jonar. Kali ini saya ingin membagikan pengetahuan mengenai perusahaan jasa pengiriman barang. Di dalam artikel ini, saya akan membagikan kepada anda mengenai perusahaan jasa pengiriman barang. Saya akan membahas mengenai apa definisi perusahaan jasa pengiriman barang, lalu apa saja bentuk jasa yang ditawarkan dan bagaimana tren ke depan untuk perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang ingin mengenal lebih detil mengenai perusahaan jasa pengiriman barang atau mungkin mempunyai keinginan untuk membuat perusahaan jasa pengiriman barang.
Kita mulai dari definisinya.
Perusahaan jasa pengiriman barang adalah perusahaan yang bergerak dibidang layanan pengiriman barang. Seperti yang kita ketahui bersama, pengiriman barang terjadi karena adanya kebutuhan untuk mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Biasanya pengiriman barang terjadi karena beberapa hal berikut ini:
  • Adanya transaksi jual beli barang.
  • Untuk mengisi kebutuhan barang di lokasi lain.
Untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya dibutuhkan suatu metode. Beberapa metode yang dipakai untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya antara lain:
  • Pemindahan barang dengan bantuan tenaga manusia
  • Pemindahan barang dengan bantuan alat atau teknologi yang diciptakan oleh manusia, misalnya gerobak, mobil, truk.
Alat untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain tersebut disebut sebagai alat transportasi.
Sedangkan media pemindahan barang bisa melalui darat, laut maupun udara. Baik yang bersifat satu kota, antar kota maupun sampai ke antar negara.
Lalu mengapa orang membutuhkan jasa pengiriman barang
Alat transportasi tersebut sifatnya sangat terbatas. Oleh sebab itu dibutuhkan pihak ketiga untuk membantu melakukan pemindahan barang tersebut, dan muncullah jasa pengiriman barang.
Legalitas Jasa Pengiriman Barang
Dalam kaitannya untuk legalitas, maka untuk menjalankan bisnis jasa pengiriman barang di Indonesia, diperlukan ijin mendirikan usaha dan membentuk perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, baik itu dalam bentuk UD, CV maupun PT, meski ada juga yang masih menjalankan jasa pengiriman barang dalam bentuk perorangan dengan tanpa memiliki bentuk usaha.
Bentuk perusahaan jasa pengiriman barang juga berbeda-beda. di Indonesia disesuaikan dengan bentuk usaha jasa yang dijalankan. Kita mengenal ada perusahaan logistik, ekspedisi ataupun perusahaan trucking. Meski semua juga menjalankan usaha yang hampir sama, yaitu jasa pengiriman barang.
Bentuk Jasa Pengiriman Barang
Bentuk-bentuk jasa pengiriman barang yang umum ditawarkan di Indonesia ada beberapa macam. Saya akan mencoba menjelaskan berdasarkan kriteria barang yang dikirimkan dan kebutuhan praktis yang saat ini ada di Indonesia.
  1. Full truck Load (FTL)
    kita bisa menyewa satu truk sesuai dengan kebutuhan. Jenis truk bergantung pada kapasitas berat dan volume.  Biasanya kebutuhan kita akan sangat bergantung pada berat atau volume dari barang yang akan dikirimkan.
  2. Less Than Truck Load (LTL)
    terkadang barang yang akan kita kirimkan ternyata mempunyai kapasitas yang sangat tanggung jika kita gunakan untuk menyewa satu truk. Misalnya kapasitas barang kita hanya 2 ton, sementara truk bisa memuat sampai 4 ton. Oleh sebab itu ada perusahaan jasa pengiriman barang yang memanfaatkan peluang ini dengan cara mengumpulkan muatan barang dari banyak pengguna jasa sampai bisa memenuhi kapasitas truk yang dipakai. Dengan cara ini, pengguna jasa bisa mendapatkan harga yang efisien, sedangkan penyedia jasa bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.
  3. Pengiriman barang via laut.
    Untuk proses pengiriman via laut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. yang pertama adalah pengiriman dengan memasukkan barang ke dalam container. Seperti halnya truk, penyedia jasa juga menyediakan pemilihan jasa berdasarkan penggunaan kapasitas yang dikenal dengan Full Charter Load (FCL) untuk penggunaan kontainer secara penuh dan Less Than Container Load (LCL) untuk penggunaan kapasitas kontainer secara partial. Pengiriman kontainer dilakukan perusahaan pelayaran yang memiliki kapal kargo yang dapat memuat kontainer-kontainer. Selain itu ada juga penyedia jasa pengiriman barang yang menyediakan jasa pengiriman barang melalui kapal cepat maupun kapal feri dengan kapasitas yang lebih kecil.
  4. Pengiriman barang via udara
    karakteristik dari pengiriman barang via udara adalah kecepatan dalam pengiriman barang. Oleh sebab itu, tarif yang diberlakukan juga lebih tinggi daripada pengiriman melalui darat ataupun laut
  5. Kurir/ekspres
    adalah pengiriman barang untuk pengguna jasa yang menginginkan barang terkirim dengan cepat. Karena sifatnya yang cepat, maka harga yang diberikan juga jauh lebih tinggi. Biasanya dipakai oleh pengguna jasa yang mengirimkan barang dengan volume barang dan atau berat yang lebih ringan.
Dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang, biasanya pengguna jasa akan memilih perusahaan pengiriman barang dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Kredibilitas perusahaan, apakah perusahaan tersebut mempunyai legalitas sebagai badan usaha. Apakah perusahaan jasa pengiriman barang yang akan dipilih mempunyai alamat yang jelas.
  2. Apakah perusahaan tersebut bisa mengirimkan barang ke kota tujuan yang kita inginkan
  3. Mempunyai tarif yang kompetitif
  4. Waktu pengiriman yang sesuai dengan harapan.
  5. Bisa mendapatkan informasi status pengiriman barang dengan mudah.
Selain itu dari sisi pengguna jasa harus memastikan layanan apa yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang kita. Beberapa kebutuhan layanan yang dibutuhkan oleh pengguna jasa antara lain:
  1. Layanan apa yang dibutuhkan:
    • Port to Port, pengiriman barang dari terminal (bandara udara, pelabuhan, stasiuin) ke terminal lainnya
    • Port to Door, pengiriman barang dari terminal (bandara udara, pelabuhan, stasiuin) ke tempat pengguna jasa, bisa dari gudang, pabrik
    • Door to Door, pengiriman barang dari tempat pengguna jasa, bisa dari gudang, pabrik ke tujuan yang diinginkan
    • Door to Port, pengiriman barang dari tempat pengguna jasa, bisa dari gudang, pabrik ke terminal (bandara udara, stasiun, pelabuhan)
  2. Apakah barang yang dimuat memerlukan handling khusus, semisal membutuhkan alat khusus untuk melakukan proses loading/unloading atau juga dibutuhkan ijin khusus untuk membawa barang tersebut.
  3. Apakah barang yang akan dikirimkan mempunyai nilai yang tinggi. jika ya, sebaiknya anda mempunyai asuransi untuk barang yang anda kirim tersebut. Sebaiknya anda membaca premi asuransi tersebut secara detail, supaya anda bisa mengetahui apa saja yang dicover oleh asuransi tersebut.
Jasa pengiriman barang, bisnis yang tidak pernah mati.
Mengapa saya mengatakan demikian, karena selalu saja ada kebutuhan orang untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Itulah sebabnya, saat ini semakin banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang baru. Meski demikian seperti halnya perusahaan jasa layanan lainnya, kompetisi akan selalu ada, dan yang mampu unggul dalam hal layanan yang akan mampu bertahan.
Tren ke depan untuk perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia
  1. Perusahaan yang berbasis teknologi, kemajuan teknologi terutama teknologi informasi dapat dimanfaatkan oleh perusahaan jasa pengiriman barang untuk menjadi lebih unggul
  2. Tarif yang semakin murah, mengapa demikian? terutama di Indonesia, pembangunan infrastruktur yang semakin masif di beberapa terakhir turut menyumbangkan peningkatan efisiensi dalam penurunan biaya pengiriman barang.
  3. Pengiriman yang semakin cepat, hal ini sejalan dengan semakin baiknya infrastruktur dan fasilitas yang menunjang pengiriman barang yang semakin baik.

3 comments

Tinggalkan Balasan