Berita Logistik Indonesia

Nex Logistic Akan Ekspansi Ke Lima Kota

Nex Logistic Akan Ekspansi Ke Lima Kota

Disadur dari Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan jasa kurir PT Nusa Prima Ekspress atau Nex Logistic yang didirikan oleh Noni Purnomo siap membuka kantor cabang ke lima kota yaitu; Surabaya, Bandung, Medan, Balikpapan, dan Makassar mengikuti program Indonesia menjadi Hub Asia Pasifik.

Chief Operations Officer (COO) Nex Logistics Fernicco Kusumo menyatakan perusahaan jasa kurir yang baru resmi beroperasi pada September 2014 akan membuka kantor cabang di lima kota, khususnya di Surabaya pada September 2016.

“Sektor jasa kurir ini memang semakin maju karena e-commerce, oleh sebab itu kami ingin beroperasi secara nasional dan perlahan menguasai pasar domestik,” ungkap Fernicco kepada Bisnis, Selasa (7/6).

Fernicco mengatakan pembukaan kantor cabang di Surabaya akan dilakukan pada 1 September 2016. Sementara pada 2017 Nex Logistics ingin merampungkan pembukaan kantor cabang di sisa kota yakni; Medan, Makassar, dan Balikpapan.

“Untuk sementara aset kantong cabang itu masih rental dan dikelola oleh agen-agen kami. Intinya, kami ingin setiap kantor cabang nantinya bisa mandiri, secara perlahan memiliki aset lahan, kendaraan, dan bahkan membuka franchise-nya,” terangnya.

Adapun target Nex membangun kantor cabang di lima kota tersebut karena setiap kota tersebut sudah direncanakan oleh pemerintah menjadi hub antar pulau.

“Proyeksi pendapatan kantor cabang nanti tentu tergantung transaksi di setiap daerah. Tetapi kami melihat upaya pemerintah membangun hub di sejumlah titik menjadi peluang bagi kami untuk mencapai pangsa pasar disitu, misalnya di Medan adalah hub Barat Indonesia, Makassar juga akan menjadi hub Timur Indonesia,” kata Fernicco.

Saat ini Nex Logistics sudah memiliki dua kantor operasional yang berlokasi di Cipayung Jakarta Timur dan di Tangerang, Banten.

Total nilai investasi Nex Logistics sejak pertama kali didirikan sudah mencapai Rp20 miliar. Menurut Fernicco sesuai Undang-Undang No. 40/2007 ditentukan besarnya modal disetor pada PT yang baru dan hendak memiliki SIUP Menengah, adalah sebesar Rp500 juta sampai dengan Rp10 miliar. Fernicco menyebut, sepanjang 2016 Nex Logistics berhasil mendulang pertumbuhan antara 30%-40%.

“Nilainya sekitar Rp20 miliar untuk lahan sampai dengan kendaraan. Angka ini sudah melampau ketentuan pembukaan usaha dengan modal disetor minimal Rp10 miliar,” tuturnya.

Fernicco menuturkan Nex Logistics sudah memiliki 37 outlet di Jabodetabek yang bermitra dengan ritel Seven Eleven. Adapun kerjasama tersebut berbentuk penyediaan lahan (tenant) dimana Nex Logsitic bisa membuka gerai berdampingan dengan Seven Eleven. Guna mengawali langkahnya menguasai pasar domestik dengan membina kerjasama dengan 55 mitra lokal di seluruh Indonesia.

“Kami bekerjasama dengan mitra lokal karena mereka lebih memahami kondisi sosial dan karakteristik daerahnya masing-masing,” terang Fernicco.

Saat ini Nex Logistics sudah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan e-commerce domestik yakni Blibli.com dan MatahariMall.com. Menurut Fernicco saat ini Nex Logistics belum berencana melakukan kerjasama pengiriman paket dengan e-commerce asing.

“Kami ingin fokus di domestik, dan kami tidak menyediakan fasilitas untuk impor serta administrasi custom clearance,” terangnya.

Meskipun begitu, Nex Logistics tidak akan menutup kerjasama menjadi jasa kurir atau distributor dari barang-barang yang disimpan di gudang perusahaan e-commerce. Fernicco pun membeberkan, pihaknya masih merencanakan kerjasama dengan perusahaan jasa logistik asing untuk sharing penyimpanan barang.

“Tetapi kami berharap September tahun ini bisa melakukan penetrasi pasar melalui kerjasama dengan perusahan logistik asing agar bisa melakukan pengiriman paket domestik ke luar negeri,” ungkapnya.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.