Sharing

Panggilan Darurat 112

Panggilan Darurat 112

Ada yang belum tahu mengenai panggilan darurat 112?

Saya mungkin termasuk salah satu orang yang tahu, tapi belum terlalu paham mengenai panggilan darurat ini. Di jaman pertama kali saya punya HP, sekitar tahun 1999, di HP saya sering mendapatkan tulisan di layarnya 112 only. Hal ini terjadi terutama jika saya berada di daerah blank spot atau bahkan HP saya rusak bagian penerima sinyalnya. Jaman dulu HP sering banget rusak penerima sinyalnya.

Ternyata, nomer 112 itu bisa dihubungi lho. Saya pernah coba iseng untuk telepon ke 112 dan ternyata ada yang angkat lho. Entah siapa yang angkat, dugaanku adalah petugas operator lain, selain operator telepon yang aku pakai pada saat itu.

Saat ini, nomer panggilan darurat 112 difungsikan ulang. nomer ini menjadi pusat penerimaan telepon untuk panggilan darurat. Nomernya cukup simple. Dengan nomer ini, kamu bisa meminta bantuan mengenai hal-hal yang darurat, misal permintaan bantuan polisi, bantuan ambulance dan hal-hal lain yang bersifat darurat. Tapi jangan dibuat mainan lho, kasihan untuk pemakai yang lain. Pengelolaan nomer 112 saat ini sudah lebih profesional. Semua pembicaraan terekam dan dapat diteruskan dengan mudah kepada unit lain yang akan membantu penyelesaiannya.

di banyak negara kita bisa dapati nomer-nomer khusus dengan tiga angka, misal di Amerika nomer 911 yang sering kita lihat di film-film. Selain nomer 112 atau 911 ada juga nomer-nomer lainnya yang diterapkan di seluruh dunia.

Nah, dengan adanya nomer panggilan darurat 112 ini, benar-benar sangat membantu bagi kita. Jika kita membutuhkan dalam keadaan darurat, tinggal menekan nomer 112 di HP kita dengan tanpa pulsa, bahkan dengan tanpa pulsa sekalipun ataupun sinyal yang lemah. Karena nomer ini bekerja di satelit langsung.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.