about life Sharing

Peringatan Jumat Agung di tahun 2016

Memberikan makna pada jumat agung ini. Umat Kristen mengimani dengan sungguh-sungguh, bahwa penebusan dosa Tuhan Yesus Kristus adalah skema penyelamatan manusia terbesar dari kuasa dosa.

Peringatan Jumat Agung di tahun 2016Semenjak kejatuhan manusia Adam dan Hawa ke dalam dosa, maka manusia turunannya pun ikut terseret di dalam jurang dosa. Belum lagi kemampuan manusia yang selalu tergoda, akibatnya manusia menjadi penuh berkubang dosa. Pada jaman sebelum Tuhan Yesus menggenapkan janji keselematannya, umat Tuhan berdoa dan memohon ampun serta memberikan korban hewan bakaran agar terlepas dari dosa. Akan tetapi korban yang diberikan oleh umat manusia tidak pernah cukup membayar dosa yang telah dilakukan.

Oleh karena itu, Tuhan Yesus datang ke dunia ini, memberikan keselamatan melalui pengorbanannya di kayu salib. Kewajiban manusia yang telah menerima keselamatan yang diberikan oleh Tuhan Yesus Kristrus, dengan senantiasa menjaga perilaku dan hidup seturut perintah Tuhan.

Di dalam kajian histori tentang masa waktu, maka penetapan peringatan jumat agung tidak tepat secara pas jika di sesuaikan dengan kalender masehi. Akan tetapi sejarah mencatat bahwa, proses Tuhan Yesus disalibkan dan mati di kayu salib itu pada hari jumat. Umat Kristen percaya, bahwa sesuai dengan yang pernah dicatat pada kitab-kitab para nabi terdahulu, bahwa akan ada penyelamat untuk bangsa ini yang akan mati dan akan dibangkitkan pada hari ketiga sebagai penebusan dosa dan penyelamatan manusia.

Begitulah sebuah kisah jumat agung atau dalam bahasa inggris dikatakan sebagai good friday. Karena begitu besar kasih Allah di dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan anakknya yang tunggal, Tuhan kita.

Selamat hari jumat agung.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.