Berita Logistik Indonesia

Pusat logistik diharap gairahkan eksplorasi migas di Indonesia timur

Pusat logistik diharap gairahkan eksplorasi migas di Indonesia timur

Disadur dari Merdeka.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berharap Pusat Logistik Berikat (PLB) bisa menggairahkan eksplorasi di Indonesia timur. Mengingat, kegiatan pencarian dan pengeboran migas di kawasan tersebut masih minim.

“Untuk ke timur tentu saja PLB jadi peluang untuk efisiensi. Makanya kepada pelaku usaha ini adalah saatnya masuk ke PLB,” kata Kepala Divisi Survei dan Pengeboran SKK Migas Ngatijan, Jakarta, Rabu (17/5).

Menurutnya, saat ini, eksplorasi migas masih dominan di Indonesia barat. Sebaliknya, Indonesia timur masih sepi eksplorasi meskipun memiliki potensi migas yang besar.

“Berdasarkan work plan and budgeting eksplorasi di Timur belum banyak. Jadi stigma ‘go to east’ belum terkenal dengan baik,” kata Ngatijan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja mengatakan, sampai saat ini, sekitar 91 persen kegiatan eksplorasi terpusat di Indonesia barat. persentase sisanya terdapat di timur Indonesia

“Tentu karena di sana deep water, deep jungle, and no infrastructure,” katanya.

“Tentu kami harap kawan-kawan profesional dan akademisi bisa berikan saran agar eksplorasi bisa ke timur. Tapi tentu butuh investor karena kompleksitas.”

Sumber: http://www.merdeka.com/uang/pusat-logistik-diharap-gairahkan-eksplorasi-migas-di-indonesia-timur.html?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan