segitiga bintang dengan python

Kali ini edisi menulis bahasa pemrograman. Karena sedang belajar Python, saya coba share sebuah koding yang biasa digunakan untuk latihan mengasah logika.

Ceritanya, kita bakalan membuat sebuah bentuk segitiga dari karakter bintang atau sering disebut juga karakter asterisk. Kita bakalan masukin inputan berupa berapa baris yang akan ditampilkan.

Dalam koding ini saya memakai python versi 3.5 yang tentu ada beberapa perbedaan perintah di python versi 2. Selain itu saya menggunakan microsoft visual code sebagai text editor.

Beberapa fungsi bawaan python yang akan saya pakai antara lain fungsi input, lalu penggunaan try sebagai seleksi jika inputannya bukan merupakan angka, serta fungsi perulangan yang akan digunakan untuk mengulang perintah inputan dan tentunya untuk melakukan perulangan proses pencetakan bintang, serta tidak lupa proses cetak bintangnya. Oke kita mulai saja kodingnya.

Pada baris pertama saya memakai looping while dengan kondisi True. Selanjutnya, ditulis perintah print  untuk memberikan penjelasan perintah berapa baris bintang akan dicetak.
Pada baris berikutnya ditulis perintah input yang diparsing ke integer dan dibalut dengan try/except yang berguna untuk menangkap inputan yang awalnya berupa string dan jika bisa dirubah menjadi integer melalui perintah int, maka baris koding berikutnya akan dijalankan, jika tidak maka looping akan dihentikan dan diberi informasi jika inputan bukan sebuah angka.
Jika lolos dari blok try/except, maka dilakukan looping. Untuk looping berikut saya gunakan for dengan alasan sudah ada kepastian berapa kali looping akan dijalankan. Blok koding dari baris 8 ke baris 11 akan melakukan pencetakan baris dari bintang segitiga yang diinginkan.
Jika sudah selesai dicetak, akan ditanyakan kembali apakah akan kembali melakukan pencetakan atau berhenti dari program (baris 12 sampai baris 17).
Untuk hasilnya bisa dilihat di tampilan berikut:

Ok, semoga bisa bermanfaat untuk semua. Oya, koding ini juga bisa di download di github saya

Tinggalkan Balasan