Sepeda Federal, Sepeda Sepanjang Masa

Bagi saya yang menjalani era tahun 90-an, sepeda federal adalah sebuah merek yang sangat terkenal di jaman itu, mungkin hingga sekarang.

sepeda federaldi saat itulah banyak anak kecil hingga orang dewasa merengek-rengek untuk dibelikan sepeda federal. Sepeda ini di produksi di Indonesia oleh PT. Federal cycle Mustika, sebuah anak usaha Astra Group. Saking populernya orang biasa menyebut sepeda jenis MTB adalah sepeda Federal. Pangsa pasar sepeda ini sempat menembus benua eropa dan cukup digemari di sana. Hal ini sempat menjadi kekhawatiran produsen sepeda dunia, khususnya pabrikan sepeda yang berbasis di Taiwan. Sampai akhirnya, Sepeda ini berakhir masa jayanya akibat tuduhan dumping oleh Masyarakat Ekonomi Eropa (ME) yang memaksakan PT. Federal Cycle Mustika untuk menghentikan produksinya dan menutup usahanya. Sayang sekali.

Dengan terhentinya penjualan sepeda ini, maka sudah tidak ada lagi toko-toko sepeda yang menjual sepede merek Federal ini. Akan tetapi, ternyata  penggemar sepeda ini masih cukup banyak. Terbukti dengan adanya beberapa komunitas sepeda federal seperti yang ada di komunitas Federal di Facebook. Banyak juga yang melakukan recovery sepeda Federal ini sehingga sampai saat ini sepeda yang mereka miliki masih terlihat bagus.

Salah satu alasan dari pemilik sepeda Federal memilih sepeda Federal adalah penggunaan iron frame atau frame dari besi yang saat ini sudah sangat langka digunakan oleh pabrikan sepeda. Jika kita lihat di pasaran, frame sepeda banyak yang terbuat dari aluminium maupun serat karbon. Sementara sepeda federal tetap dengan keunikannnya menggunakan frame besi. Inilah yang dipandang sebagai keunikan dari sepeda federal.

Seiring waktu, beberapa part dari sepeda federal sudah mengalami keausan, padahal dari sisi frame masih sangat baik dan mampu bertahan. Maka diperlukan pergantian part untuk sepeda yang dimiliki. Akan tetapi jenis sepeda yang sudah berusia lama biasanya mengalami kesulitan ketika harus mengganti partnya. Oleh sebab itulah, komunitas sepeda ini tersebut berkembang. Di dalam komunitas, penggemar sepeda ini akan saling berbagi informasi mengenai sepeda Federal, termasuk menyediakan informasi mengenai spare part dari sepeda ini.

begitulah kegiatan bersepeda. Banyak ungkapan yang menyampaikan bahwa sepeda adalah kegiatan fun, salah satunya adalah memperkuat manusia dalam berkegiatan sosial.

Tinggalkan Balasan