about life

SME Hemat Biaya, Terbesar Akses Internet

ssnet| Kehadiran teknologi 3G menekan biaya operasional perusahaan khususnya small medium enterprises (SME) hingga 50%. Perusahaan cukup memiliki ponsel 3G dan data card untuk melakukan video call maupun akses internet.

Ini disampaikan GADANG PRIYONO Regional East Sales Manager Business Solution PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) pada suarasurabaya.net, Minggu (10/12), terkait dengan edukasi layanan pada segmen korporat pasca dilaunching teknologi XL3G 22 September lalu.

Menurut GADANG, dengan memanfaatkan teknologi 3G, pimpinan perusahaan tidak harus melakukan traveling dari satu cabang ke cabang lain. Cukup video call, mereka bisa melakukan koordinasi. Bahkan untuk akses internet saat melakukan bisnis melalui data card dengan SIM Card XL. Mereka bisa browsing berkecepatan 2,5 MB.

Saat ini, kata GADANG, sudah ada sekitar 10-15 perusahaan yang memanfaatkan XL3G. Satu diantaranya Bank Jatim yang memanfaatkan 3G untuk video call dari Indonesia ke Malaysia selama 90 menit tanpa putus.

Ditargetkan 50 perusahaan besar di Jawa Timur yang memanfaatkan 3G sampai akhir 2006. Rata-rata dari 15 perusahaan tersebut, kata GADANG, paling besar menggunakan 3G untuk akses internet (53%) dan sekitar 30% untuk video call. Berikut penjelasan GADANG, .

Tahun 2007, pertumbuhan perusahaan ditarget bisa sampai 5 kali lipat dibanding tahun 2006. Teknologi 3G, kata GADANG, membidik segmen SME seperti CV dimana perusahaan tersebut tidak perlu capital expenditure.

MARTONO Manager Management Services XL mengatakan layanan XL 3G untuk korporat merupakan satu diantara layanan yang ditawarkan oleh divisi layanan korporat Business Solutions XL. ”Bagi pasar korporat di Indonesia dan Jawa Timur khususnya, teknologi 3G masih tergolong hal yang baru. Karena itu, XL akan terus melakukan edukasi teknologi dan aplikasi 3G kepada para pelanggan korporat, agar para calon pelanggan korporat dapat memahami dan dapat memanfaatkan keandalan layanan korporasi berbasis 3G,”ujarnya.

Business Solutions XL menawarkan layanan lengkap dan kualitas XL 3G ke pasar korporat seperti koneksi internet pita lebar berbasis HSDPA (High Speed Down Link Packet Access), Paket Data 3G bagi pelanggan korporat dan beragam produk yang berbasis 3G lainnya. Layanan XL 3G korporat yang dalam waktu dekat akan diluncurkan seprti Video Call Center Corporate, Video Conference dan Video Portal untuk download konten.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan