Digital Marketing Strategy di Indonesia. Belum Pakai? Segera Terapkan

Lebih dari lima belas tahun yang lalu saya mempelajari cara membuat website. Masih sangat sederhana dan diupload di Geocities, sebuah hosting gratis yang diakuisisi oleh Yahoo. Bergerak lima belas tahun ke depan, teknologi internet atau yang dikenal saat ini sebagai teknologi digital, tidak sekedar menampilkan sesuatu di halaman website, tetapi teknologi digital sudah menjadi tulang punggung dalam perekonomian kita. Tidak bisa hanya sekedar memakai teknologi digital saja, tetapi diperlukan sebuah strategi dalam memanfaatkannya.

Strategi Digital Marketing Strategy di Indonesia

Beberapa tahun yang lalu saya baru mengenal konsep digital marketing. Agak membingungkan bagi saya, terutama karena sebetulnya saya lebih berurusan kepada teknis pemrograman tinimbang untuk melakukan sebuah kegiatan digital marketing. Sangat kebetulan di perusahaan tempat saya bekerja dahulu berkesempatan untuk belajar mengenai teknik marketing maupun pengelolaan digital marketing. Termasuk di dalamnya mengenai teknik SEO dan bagaimana menerapkannya di website. Ada beberapa teknik yang saya terapkan, bahkan blog ini juga menjadi bagian dari percobaan saya belajar mengenai teknik SEO. Selanjutnya saya belajar secara otodidak untuk mengenal lebih lanjut mengenai dunia digital marketing.

Pada kesempatan ini saya sangat beruntung dapat menerapkan strategi digital marketing di tempat kerja. Hasilnya adalah peningkatan traffict kunjungan website yang dikelola oleh perusahaan dan berimbas pada peningkatan inquery baik melalui email maupun telepon, bahkan hingga penambahan order dan customer baru juga bisa diraih. Meski demikian masih ada kekurangan dalam hal pengukuran secara pasti untuk efektifitas strategi yang diterapkan belum bisa didapatkan secara komprehensif, tetapi sudah cukup puas untuk hasil dari pembelajaran otodidak.

Yups beruntung banyak sekali sumber informasi yang bisa kita dapatkan untuk memulai menerapkan strategi digital marketing. Kita bisa menggalinya melalui website, youtube, grup-grup yang bertebaran di Whatsapp, telegram dan facebook, semua bisa kita manfaatkan.

Baca Juga   Mengapa Banyak Sarjana Menganggur

Meski demikian, saya masih melihat bahwa tidak banyak perusahaan terutama yang bergerak di bidang logistik mencoba menerapkan strategi digital marketing. Sangat disayangkan, karena saya yakin hampir semua perusahaan telah menggunakan internet sebagai media komunikasinya. Oleh sebab itu, saya akan mencoba menuliskan strategi digital marketing apa yang bisa diterapkan oleh perusahaan-perusahaan logistik di Indonesia.  Untuk tulisan mengenai hal ini, nanti saya akan publikasikan di blog logistik saya di logistikninja.id

Oya, apakah perusahaan kamu sudah menerapkan strategi digital marketing? Kalau belum sayang sekali lho. Segera terapkan. Jika ada pertanyaan mengenai bagaimana menerapkan strategi digital marketing untuk perusahaan yang belum pernah menerapkan, silahkan bertanya melalui komentar di bawah, saya akan dengan senang hati menjelaskan kepada anda.

Leave a Reply