Tiga Hal Yang Saya Lakukan Untuk Investasi Bitcoin

Lima bulan lalu, tepatnya di bulan Juli 2017 saya melakukan investasi pertama saya sebanyak 100 ribu dengan membeli Bitcoin di vip.bitcoin.com dengan nilai bitcoin waktu itu sebesar 19 jutaan. Selanjutnya saya menambah investasi saya sebesar 4 juta, kalau tidak salah dari uang THR saya. Seminggu kemudian uang saya saya investasikan menjadi 6 juta rupiah karena ada lonjakan nilai bitcoin pada saat itu. Tentu tidak terbayang bagi saya mendapatkan keuntungan sebegitu besarnya.

Selanjutnya saya mulai mempelajari tentang bitcoin. Saya jadi tahu tentang bagaimana mendapatkan bitcoin, lalu teknologi blockchain yang berada di balik bitcoin.

Hal pertama yang saya pelajari adalah bagaimana cara mendapatkan bitcoin. Saya tahu bahwa bitcoin dapat dihasilkan melalui proses penambangan. Sayangnya alat untuk menambang dan biaya operasionalnya sangat tinggi, tentu tidak cocok untuk pemula seperti saya.

Tiga Hal Yang Saya Lakukan Untuk Investasi Bitcoin
Perangkat mining bitcoin

Selanjutnya saya mengenal mengenai cloud mining, sebuah solusi mendapatkan bitcoin dengan melakukan penambangan tetapi kita hanya menyetorkan modal penyertaan saja. Kita tinggal duduk diam dan melakukan withdraw jika syaratnya sudah terpenuhi. Saya mengikuti beberapa jasa cloud mining, di antaranya genesis mining, eobot, hashflare dan hashing24. Saat ini jika saya menghitung dengan nilai bitcoin sekarang, maka semua investasi yang saya lakukan di cloud mining sudah balik modal. Saya juga terus berkomitmen untuk selalu menambah investasi di cloud mining agar nilai imbal balik yang saya dapatkan semakin meningkat, meski saat ini juga agak kesulitan menambah hashrate karena banyak penyelenggara cloud mining yang sudah kehabisan slot dan waktu kontrak yang semakin singkat.

Tiga Hal Yang Saya Lakukan Untuk Investasi Bitcoin
Mendapat Profit dari Trading di Bitcoin

Hal yang kedua, selain cloud mining saya juga mempelajari tentang trading. Seperti yang diketahui, cryptocurrency tidak hanya bitcoin saja, tetapi juga ada ethereum, litecoin dan sebagainya. Pada awal saya mencoba trading selalu rugi, hahaha. Pertama karena saya belum mengetahui pola trading. Selain itu saya juga hanya bermain di vip.bitcoin.com saja. Setelah beberapa lama, saat ini saya sudah terbiasa trading di bittrex, poloniex dan hitbtc. Tidak menutup kemungkinan saya juga akan merambah ke market yang lain, tergantung dari volume coin yang diperdagangkan. vip saya pergunakan untuk withdraw bitcoin ke rupiah. Trading ini sangat menarik karena ada beberapa analisa yang harus kita pelajari. Selain itu juga harus aktif mengikuti news, serta forum-forum. Saya sendiri sudah mempunyai pola yang sudah saya formulasikan. Karena saya tipe trader yang tidak agresif, saya tidak mengambil keuntungan yang besar, prinsipnya cuma yang penting profit, hehehe. Potensi profit melalui trading bisa sangat besar, apalagi bisa membaca pasar dengan tepat. Saat ini sih saya sendiri tidak begitu fokus ke trading. Saya hanya melakukan trading harian di pagi hari jam 2 hingga jam 4 pagi.

Tiga Hal Yang Saya Lakukan Untuk Investasi Bitcoin
peluncuran coin baru melalui ICO

Setelah trading, hal ketiga adalah saya saat ini sedang mempelajari mengenai ICO. Ada beberapa hal yang menarik di ICO, salah satunya adalah imbal balik yang bisa sangat besar. ICO adalah penyertaan investasi pada sebuah coin yang baru diluncurkan, mirip seperti IPO di saham. Kita bisa mendapatkan harga yang murah sebelum coin diluncurkan dengan harapan nilainya akan melonjak setelah coin diluncurkan. Pengalaman pertama saya di ICO adalah saya mendapat sejumlah coin baru melalui program air drop, dan pada saat itu saya bisa menjual coin tersebut dengan keuntungan sebesar 10 juta rupiah.

Tiga Hal Yang Saya Lakukan Untuk Investasi Bitcoin inilah yang membuat saya tertarik dan semakin percaya bahwa bitcoin adalah salah satu investasi yang saat ini menarik. Tentu saja masih banyak instrumen investasi lain seperti properti, saham dan reksadana, tinggal memilih mana investasi yang paling menarik.

Tinggalkan Balasan