uang bekerja untuk kita
investasi

Uang Bekerja Untuk Kita

Anda sudah pernah tahu cash flow quadrant dari Robert Kiyosaki? Saya salah satu orang yang kebetulan mengetahui mengenai cash flow quadrant. Saya mengenalnya pada saat mengikuti sebuah MLM dahulu. di dalam Cash Flow Quadrant, Robert Kiyosaki membagi menjadi empat kuadran bagaimana kita mendapatkan atau menghasilkan uang.

uang bekerja untuk kita

Yang pertama adalah menjadi seorang pekerja atau Employee. Di kuadran ini kita mendapatkan penghasilan dari gaji yang dibayarkan sebagai upah dari pekerjaan yang kita sudah lakukan. Biasanya gaji akan kita dapatkan pada masa tertentu, misal mingguan dan bulanan. Sifatnya pun lebih banyak penghasilan yang tetap. plusnya adalah penghasilan kita bisa tetap diperoleh setiap bulan, minusnya penghasilannya ya tetap-tetap saja. Kenaikan gaji hanya berdasarkan pada kebijakan perusahaan tempat kita bekerja.

yang kedua, self employee, artinya orang-orang yang bekerja mandiri tidak tergantung pada perusahaan. Misalnya seorang dokter yang membuka praktek di rumah. Enaknya penghasilan bisa diatur sesuai kehendaknya. Jika rajin cari orderan, ya penghasilannya semakin banyak. Selain itu tidak ada yang mengatur waktu dan tempat dimana harus bekerja. Kekurangannya, kalau dokter itu lagi sakit, ya penghasilannya juga menjadi tertunda.

Kuadran ketiga menjadi business owner atau pemilik sebuah bisnis yang mempunyai sistem yang berjalan. Di Level ini uang akan dihasilkan dari sebuah sistem yang dibuat, sehingga pemilik cukup memantau sistem yang berjalan. Penghasilan bisa dilipat gandakan jika sistem bisa diduplikasikan. Tetapi penghasilan bisa hilang jika sistem tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Kuadran keempat menjadi seorang investor. Dengan uang yang dimiliki, maka investor tinggal memasukkan atau menukarnya dengan aset atau memasukkan uang sebagai modal usaha yang dijalankan oleh orang lain.

Bagaimana uang bekerja untuk kita adalah pola pikir dimana uang dapat berlipat ganda tanpa effort yang terlalu banyak dari kita. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan menjadi investor. Belajar menjadi investor dapat kita mulai dengan investasi kecil. Misalnya membeli unit di reksadana, trading valas ataupun bitcoin.

Investasi yang pernah saya lakukan saat ini dengan tabungan emas, reksadana dan di bitcoin (trading, mining). Harapannya adalah adanya pelipatgandaan uang yang kita setorkan, sehingga nilainya bisa lebih dari inflasi. Ada beberapa investasi yang berjalan lama ada juga yang bisa berjalan dengan cepat. Tinggal kita memlih berdasarkan tujuan investasi kita.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.