voucher management system
IT Review Laravel

101 Voucher Management System

Karena ada kebutuhan untuk mengelola voucher di kantor, maka saya sekalian saja buatkan aplikasi berbasis web dan saya namakan aplikasinya Voucher Management System. Aplikasi ini bersifat terbuka dan bisa didownload secara free untuk dikembangkan lebih lanjut. Saya juga menyediakan link untuk demo-nya. Tentu saja ada beberapa hal yang berbeda antara aplikasi yang saya bagikan dengan yang real yang digunakan oleh kantor saya, namun overall bisa kode sumber bisa dipakai dan dimanfaatkan.

Berikut akan saya jelaskan mengenai aplikasi Voucher Management System ini. Secara garis besar, alur dari aplikasi ini adalah membuat suatu voucher yang dapat dipergunakan untuk banyak hal, terutama yang berkaitan dengan kegiatan marketing. Customer dapat membuat voucher melalui landing page. Jika customer sudah membuat voucher, maka kode voucher beserta instruksinya akan dikirimkan melalui email. Customer juga bisa make sure bahwa kupon yang diberikannya adalah valid.

Administrator juga bisa membuatkan voucher untuk customer. Selain itu administrator juga bertugas untuk membuat jenis voucher juga melakukan registrasi voucher yang ingin dipergunakan oleh customer. Voucher yang sudah diregistrasi tidak dapat dipakai kembali. Voucher yang melewati batas waktu (expired) juga tidak dapat dipergunakan.

Setiap voucher yang dibuat memiliki tiga status antara lain

  • create, jika voucher pertama kali dibuat.
  • expired, jika voucher melewati batas waktu. Pengecekan expired dilakukan melalui loading page voucher list. Selain itu pada saat customer melakukan cek voucher, juga dilakukan proses pengecekan apakah voucher sudah expired atau tidak. Jika ya, maka status voucher akan diupdate menjadi expired.
  • used, jika voucher sudah dipakai dengan diregistrasikan oleh administrator.

Sifat voucher adalah unik, artinya tidak boleh kembar antara voucher yang satu dengan yang lainnya. Selain itu saya juga menambahkan beberapa kriteria tambahan untuk jenis voucher seperti adanya masa berlaku (dalam satuan hari), masa tayang voucher dan total voucher yang dibagikan.

Entitas dari aplikasi ini terdiri dari dua entitas yaitu customer dan administrator.

Aplikasi ini terdiri dari beberapa alur proses, antara lain:

Customer

Pembuatan Voucher oleh Customer
Pada proses ini, customer memasukkan nama dan email dan selanjutnya akan dicek apakah customer sudah terdaftar di database atau tidak. Jika belum terdaftar, maka akan dilakukan data customer akan diinsert ke database.
Jika customer sudah terdaftar, selanjutnya akan dilakukan pengecekan apakah customer masih memiliki voucher yang masih aktif atau tidak. Jika customer masih memiliki voucher yang aktif, maka voucher tidak dapat dibuat, jika tidak ada voucher yang aktif, maka voucher akan dibuat.
Setelah voucher dibuat, kode voucher akan dikirimkan melalui email customer

Alur Create Voucher

Validasi Voucher
Proses validasi ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa voucher tersebut valid dan masih berlaku. Caranya adalah customer menuju ke halaman link untuk validasi yang dibagikan melalui email.

Voucher Validation

Administrator

Pembuatan jenis voucher
Pada proses pembuatan jenis voucher, administrator akan membuat voucher yang akan ditampilkan pada pilihan voucher. Beberapa inputan yang diperlukan antara lain nama voucher, periode berlaku voucher(dalam hitungan hari),

Create Master Voucher

Pembuatan Voucher oleh Administrator
Sama seperti proses pembuatan voucher pada sisi customer, pembuatan voucher pada backend yang dilakukan oleh administrator juga mempunyai proses yang sama dengan pembuatan voucher oleh customer.

Register Voucher
Pada saat voucher ingin digunakan oleh customer, voucher bisa diregistrasikan oleh administrator. Voucher yang sudah teregister, statusnya akan berubah menjadi used, dan voucher tidak dapat digunakan kembali

Voucher Registration

Untuk database, saya menggunakan mysql. Desainnya sebagai berikut

Tampilan di atas adalah hasil dari reverse engineering di MySQL Workbench. Untuk membuat database saya memanfaatkan fasilitas Migration dari Laravel.

Untuk tampilan landing page, saya memakai UI/UX dari Laravel, sedangkan back-endnya saya memakai template dari Notika.

Berikut tampilan dari modul di dalam voucher management system.

Beberapa hal yang masih bisa dikembangkan dari aplikasi voucher management system ini antara lain:

  • Pengiriman kode voucher via SMS, WhatsAPP dan Telegram
  • Pengembangan API
  • Integrasi dengan aplikasi lain seperti woocommerce, magento dan lainnya

Aplikasi ini akan terus dikembangkan. Kode sumber akan terupdate di github

Untuk kode sumber dan akses ke demo bisa dilihat di halaman portfolio

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.