resensi film The Act of Killing - Jagal
movie

The Act of Killing – Jagal

resensi film The Act of Killing - JagalSaya tertarik menonton film dokumenter ini setelah banyaknya kejadian pemberhentian pemutaran film Senyap yang merupakan bagian dari film The Act of Killing – Jagal ini.

Idenya adalah pengungkapan fakta dari pelaku sejarah, di sisi film ini adalah sang algojo atau jagal yang membantai mereka-mereka yang terlibat PKI. Cerita sinopsis dan proses pembuatan dapat anda baca di website film ini. Beberapa penghargaan juga didapat oleh film ini. Filmnya sendiri dapat kita tonton melalui youtube.

Menurut saya film ini layak untuk ditonton. Terkadang sejarah, masa lalu itu begitu pahit untuk diingat. Mengapa harus diungkit-ungkit kembali.

Menurut saya bukan pada sisi kesakitan hati yang diungkapkan, tetapi menjadi pembelajaran untuk semua orang, tidak hanya bagi bangsa Indonesia betapa sebuah ideologi politik itu membuat murah nyawa manusia. Pil pahit ini harus kita selalu ingat. Bahwa kemanusiaan harus lebih diutamakan sebelum bertindak. Sayangnya bukan orang Indonesia yang membuat film ini.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.