Ada Pertunjukan Lumba-Lumba di Sidoarjo
Sharing

Ada Pertunjukan Lumba-Lumba di Sidoarjo

Beberapa hari ini saya tertarik ada sesuatu yang dibangun di lapangan parkir Transmart Sidoarjo. Setelah bangunannya berdiri, ternyata tempat itu akan dijadikan arena pertunjukan lumba-lumba. Pentas lumba-lumba ini bakal diadakan mulai tanggal 29 Maret hingga 28 April 2019.

Ada Pertunjukan Lumba-Lumba di Sidoarjo
Spanduk Pentas Lumba-Lumba di Transmart Sidoarjo

Sedari kecil hingga saat ini saya sering menonton pertunjukan lumba-lumba. Setelah memiliki anak saya juga sering mengajak anak saya untuk menonton pentas lumba-lumba. Biasanya kami menonton di pentas lumba-lumba keliling seperti yang di Transmart Sidoarjo ini. Juga kami sering menonton di Taman Safari Prigen. Selain itu kami juga pernah melihat lumba-lumba liar di daerah pantai Lovina Bali.

Biasanya pertunjukan lumba-lumba juga dibarengi dengan pertunjukan binatang lainnya, seperti berang-berang ataupun anjing laut.

Menurut saya hampir serupa pola pertunjukannya, seperti lumba-lumba yang loncat dan masuk ke dalam lingkaran, membawa bola, berhitung dan lainnya. Kecuali yang di Lovina ya, memang karena itu lumba-lumba liar, hehehe.

Namun sebenarnya pertunjukan lumba-lumba ini ada yang menolak lho. Beberapa beritanya kita bisa baca, misalnya penolakan pentas lumba-lumba di Cimahi atau penolakan pentas lumba-lumba dari koalisi pecinta satwa.

Beberapa alasannya adalah lumba-lumba mendapatkan perlakukan yang tidak layak. Misalnya proses pemindahan lumba-lumba dengan alat transportasi dari kota-kota. Ada temuan lumba-lumba lumayan tersiksa pada saat proses ini. Contoh lain adalah mengenai suara musik yang diperdengarkan pada saat pertunjukkan. Dikatakan bahwa lumba-lumba menjadi tersiksa karena suara musik yang keras, karena pendengaran lumba-lumba yang sensitif.

Namun di sisi lain, penyelenggara pentas lumba-lumba berdalih bahwa pentas lumba-lumba ini diselenggarakan bukan hiburan semata, tetapi juga menekankan pada unsur edukasi. Misalnya saja masih banyak masyarakat yang menganggap lumba-lumba adalah ikan, padahal lumba-lumba adalah mamalia. Namun dalih ini tetap dibantah oleh penolaknya, karena unsur penyiksaan yang disampaikan tersebut.

Dari pro kontra tersebut, ternyata kita masih bisa melihat bahwa pentas lumba-lumba ini masih eksis. Terbukti dari pentas lumba-lumba di Trans Mart Sidoarjo ataupun pentas lumba-lumba yang ada di Taman Safari masih ada. Lalu bagaimana menyikapinya. Apakah harus menolak pertunjukan ini atau menonton untuk memberikan edukasi kepada anak kita?

Oya saya ingin informasikan mengenai jadwal pementasan pertunjukan lumba-lumba di Sidoarjo.

jadwal dan harga tiketnya


Untuk jadwal pertunjukan terdiri dari beberapa, antara lain:

Senin-Jumat:

  • 10:30
  • 15:00
  • 16:30
  • 19:30

Sedangkan di hari sabtu/minggu/hari libur:

  • 09:00
  • 10:30
  • 13:00
  • 15:00
  • 16:30
  • 19:30

Untuk tiket dibagi menjadi dua dan anak usia di atas dua tahun sudah dikenakan tiket

  • Umum: Rp. 40,000,-
  • VIP: Rp. 60,000,-

Perbedaan antara umum dan VIP adalah, VIP diberi bangku di depan atau bagiam terdekat dengan sisi kolam. Sedangkan untuk umum duduk di bagian tribunnya.

Sedangkan jika ingin berfoto bersama lumba-lumba, dikenakan tarif sebesar 40 ribu rupiah untuk sekali foto.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

12 thoughts on “Ada Pertunjukan Lumba-Lumba di Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.