kalkulator kehamilan
Sharing

Apa itu kalkulator kehamilan?

kalkulator kehamilan

Anda yang sedang mengandung dan sedang menunggu kelahiran si bayi pasti mencari kepastian waktu kelahiran dan juga bulan yang tepat. Banyak bunda yang masih bingung cara menghitung bulan lahir yang tepat untuk kelahiran bayi mereka tanpa ada bantuan dari arahan dokter pribadi mereka. Nah saat ini secara langsung bunda bisa mengeceknya dengan mudah menggunakan Kalkulator kehamilan tanpa harus datang kedokter kandungan bunda.

Atau jika bunda ingin memastikan itungan dari dokter anda maka anda bisa menggunakan alat ini sebagai alat pemanding bunda. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa anda download untuk bunda mulai dari perpindahan bulan kandungan dari janin bunda hingga tanggal ketentuan kelahiran bunda. Jika bunda sulit mendapatkan aplikasinya, bunda bisa membuka google dan mencari kalkulator kehamilan yang berupa online.

Didalamnya bunda bisa melihat dua buah tabel yang dimana bunda disuruh untuk memasukan hari pertama haid terakhir dan juga dibagian tabel keduanya bunda bisa memasukan perkiraan siklus bulan dari haid bunda setelah itu maka perkiraan usia kehamilan bunda pun akan keluar bersamaan dengan tanggal perkiraan kelahiran bayi kecil bunda.

Sebenarnya penggunakan kalkulator kehamilan tidak hanya digunakan untuk trisemester terakhir, penggunaan kalkulator kehamilan sangat baik digunakan di trisemester pertama karena dengan begitu bunda bisa menghitung secara tepat.

Hal ini sangat baik karena disampaikan oleh dr. Boy A.Sp.OG(K) bahwa rata rata kalkulator kehamilan yang ada dan tersedia secara online menggunakan standar internasional sehingga siapa saja boleh menggunakan kalkulator kehamilan tersebut untuk menghitung hari kelahiran bayi anda. Perhitungan yang digunakan biasanya adalah hari pertama haid terakhir atau sering disingkat dengan HPHT. Disini pun untuk memperkirakan usia dari kelahiran biasanya dihitung plus tujuh minus tiga dan plus 1.

Plus tujuh disini mengartikan hari pertama haid dan dikurang tiga itu untuk menghitung bulan sedangkan untuk ditambah satu untuk menambahkan tahunnya. Seperti contoh berikut dimana hari pertama haid terakhir atau HPHT nya adalah tanggal 7 Mei 2019 maka perhitungannya pun dimulai dari tanggal 7 ditambahkan dengan minggunya yaitu 7 hari mendapatkan hasil 14, lalu pada bulannya Mei termasuk dalam bulan 5 dan harus dikurangi dengan 3 sehingga mendapatkan bulan 2, lalu pada tahunnya 2019 ditambahkan dengan satu maka menghasilkan 2020.

Sehingga perkiraan kelahiran dari bayi anda berada di Tanggal 14 Maret 2020 dan biasanya ini memang dipakai pada usia kehamilan 40 minggu. Jadi perhitungan ini memang dianjurkan bagi bunda bunda yang sudah bersiap untuk melakukan persalinan atau sudah memperkirakan bulan yang paling dekat dengan kelahiran dilihat dari HPHTnya.

Kebanyakan bunda menggunakan perhitungan ini pun untuk mempersiapkan cuti kerja. Karena kadang perkatoran hanya memberikan cuti yang sebentar untuk bunda sehingga wajib sekali untuk menghitungnya dengan benar dan tepat. Tapi hal ini pun harus dilakukan pemeriksaan dokter terlebih dahulu ya jangan sampai kelepasan langkah karena kalkulator kehamilan hanyalah perkiraan atau taksiran sehingga kesalahan mungkin saja terjadi.

Lebih mudah lagi jika anda menggunakan aplikasi yang sudah tersedia dan keakuratannya pun lebih baik dibandingkan di website online biasa. Tapi lebih tepat lagi juga anda melakukan USG di usia kandungan yang masih cukup kecil karena tingkat kesalahannya pun akan lebih kecil jadi akan sah saja jika menggunakan web atau aplikasi yang sifatnya hanya sebagai perkiraan.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.