Programming

Belajar Java (Lagi….)

Belajar Java (Lagi....)
Belajar Java (Lagi….)

Beberapa hari ini saya memulai belajar bahasa pemrograman Java lagi. Yups benar, belajar lagi.

Terakhir saya belajar Java pada saat kuliah dulu. Kurang lebih lima belas tahun yang lalu. Sekarang sih tujuannya untuk belajar bahasa pemograman yang bisa menunjang untuk development mobile application yaitu java dan kotlin.

Saya memilih dicoding, sebagai tempat belajar. Karena harapannya akan lebih terstruktur nantinya, sampai bisa menguasai java for android dan Kotlin.

Kelas di dicoding untuk belajar Java ini gratis. Tutorialnya berupa pembelajaran di halaman website dan kita bisa memberikan pertanyaan jika menemui kendala.

Oya, untuk IDE, disarankan memakai IntelliJ IDEA, tenang aja kok ada versi gratisnya untuk community. Dulu pada saat belajar Java di kuliah, saya memakai JCreator. Sayangnya pada saat itu sudah gak ada lagi kerjasama pembelajaran Java dengan lembaga kursus internasional. Padahal kalau saya lihat sih lumayan lengkap tuh materinya.

Nah saya merasa materi saat kuliah dulu memang beda dengan kebutuhan dunia kerja. Kalau pada saat kuliah tentu yang ditekankan adalah logika dasar dari mahasiswa. Sedangkan di dunia kerja bertujuan untuk memecahkan masalah serta melakukan koding dengan kaidah yang benar. Memang sih saya juga cuma setahun berprofesi sebagai programmer, hehehe. Tapi untuk koding sih, always masih saya lakukan dan saya pelajari hingga hari ini.

Akhirnya selesai juga

Hari ini pelajaran Java fundamental yang saya ikutin di dicoding sudah selesai, dan saya cukup banyak mendapatkan materi baru, terutama tentang pemrograman berorientasi obyek. Cukup banyak insight lah buat saya yang lama menggeluti dunia website dan PHP pada khususnya.

Next, saya akan lanjut untuk belajar pemrograman Android untuk kelas pemula.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.