IT

Black Friday 2018

Black Friday adalah sebuah peringatan hari pertama setelah Thanksgiving di Amerika Serikat. Thanksgiving sendiri diperingati sebagai hari kamis di minggu terakhir bulan November untuk menandai masuk ke masa Natal. Black Friday biasanya ditandai dengan banyaknya diskonan harga di toko-toko tertentu, dan diskonan ini tentu juga merambah ke produk-produk digital. Nah pada tahun 2018 ini saya juga mencoba mengambil kesempatan mendapatkan harga lebih murah daripada biasanya.

Saya mencari beberapa course yang bisa menambah ilmu saya. Target saya adalah memperdalam Laravel. Ada beberapa course yang memberikan diskon, mulai dari yang model screen cast seperti Udemy, Codecourse hingga Laracast. Begitu juga penjual buku-buku memberikan diskon yang menarik, seperti di learninglaravel.net. Sekali lagi memang ini sebuah pilihan.

Karena sebetulnya saya tidak mempunyai budget khusus untuk black friday tahun ini, maka saya pun mencoba memilih salah satu, dan pilihan saya jatuh pada Laracast. di Laracast ini memberikan knowledge sebetulnya tidak hanya Laravel, tapi juga penunjang lainnya, misalnya CSS, Javascript hingga yang front end yang lagi happening seperti React dan Vue. Tapi sekali lagi yang diberikan di screencast tutorial ini lebih pada konsep dasar. Kita gak akan banyak mendapatkan studi kasus. Tapi konsep dasar ini sangat diperlukan nantinya jika kita akan membangun sebuah aplikasi.

Selanjutnya saya memilih subscription yang bulanan saja. Targetnya sih cuma ada diskon satu bulan saja sudah cukup. Karena sekali bayar, kita bisa lihat atau download semua tutorialnya dalam satu bulan.

Dengan menggunakan kode kupon BlackFriday2018, kita bisa mendapatkan diskon hingga 50%. Lumayan banget.

Sayangnya screencast di Laracast ini menaruh videonya di vimeo. Untuk orang yang tinggal di Indonesia bisa dibilang cukup sulit untuk mengaksesnya. Mengingat Depkominfo telah memblokir akses Vimeo di Indonesia. Cuma kita masih bisa mengakesnya melalui VPN. Beberapa VPN hanya memberikan gratisan dengan batasan kuota per hari atau per bulan. Akhirnya saya memilih service dari ZenMate yang punya free trial selama tujuh hari, tetapi tidak memberikan batasan pada bandwith dan kuota akses, jadi nanti kalau sudah expired ya tinggal daftarkan email baru lagi untuk mendapatkan free trial berikutnya.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.