Firebase

Fitur di dalam Firebase – Tutorial Menggunakan Database Firebase #3

Sebelumnya kita sudah belajar untuk masuk ke dalam konsol firebase dan mengenali beberapa menunya. Saat ini kita akan melihat fitur apa saja yang ada di dalam Firebase.

Firebase memberikan beberapa fitur yang sangat mendukung bagi developer untuk membuat aplikasi. Ada banyak sekali fiturnya, namun ada beberapa fitur penting yang mungkin berguna untuk kamu. Berikut beberapa fiturnya.

Firebase Cloud Messaging

Firebase Cloud Messaging atau yang disingkat FCM adalah fitur yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan lintas platform (Android, IOS, Web). Dengan FCM, kita bisa memberikan notifikasi dua arah. Teknologi yang digunakan yaitu XMPP (Extensible Messaging and Presence Protocol) dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Fitur di dalam Firebase

FCM dapat diakses di bagian Grow, lalu klik Cloud Messaging

Firebase Authentication

Firebase Authentication adalah layanan autentikasi yang diberikan oleh Firebase. Dengan layanan ini, kita dapat membuat pendaftaran user dan login dengan menggunakan password, nomor telepon ataupun dengan akun Facebook, Github, Twitter, Google.

Untuk mengelola Authentication, kita bisa buka bagian Develop, kemudian pilih Authentication.

Firebase Remote Config

Firebase Remote Config dalah fitur di dalam Firebase yang digunakan untuk melakukan perubahan konfigurasi di dalam aplikasi berbasis Android maupun IOS tanpa harus melakukan update aplikasi di Play Store atau App Store. Cara kerjanya adalah dengan menyimpan terlebih dahulu file XML yang berisi parameter yang nilainya bisa diganti melalui konsol Firebase.

Untuk memakai fitur ini, kita dapat mengaksesnya melalui bagian Grow kemudian pilih Remote Config

Firebase Storage

Firebase storage adalah fitur Firebase yang digunakan untuk penyimpanan konten seperti foto ataupun video. Tentunya dengan menaruh file di sini, maka sudah pasti didukung oleh CDN.

Untuk mengaksesnya kita masuk ke bagian Develop dan pilih Storage

Firebase Hosting

Firebase menyediakan hosting yang cepat dan aman untuk aplikasi web serta konten yang statis dan dinamis. Mendukung penyimpanan file CSS, HTML dan Javascript.

Fitur di dalam Firebase

Untuk mengelola fitur ini, kita masuk ke bagian Develop dan pilih Hosting.

Firebase Realtime Database

Inilah fitur yang akan menjadi bahasan kita. Firebase menyediakan realtime database dan backend sebagai salah satu layanannya. Database ini dapat disinkronkan secara realtime ke setiap klien yang terhubung, di antaranya aplikasi yang berbasis Android, IOS, Javascript, Java, Swift dan Node JS.

Firebase Realtime Database ini dapat dikelola melalui bagian Develop kemudian pilih Database.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, masih banyak fitur yang ada di dalam Firebase yang dibahas dalam tulisan ini. Jika memiliki ketertarikan dengan fitur lainnya, dapat dieksplorasi sendiri sesuai ketertarikan dan kebutuhannya.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.