bike

Gowes di Gunung Buaya Surabaya

Ada teman yang menyampaikan kalau ada tempat yang bisa dibuat untuk offroad di Surabaya. Yups betul di Surabaya, tepatnya ada di gunung Buaya Surabaya. Setelah itu saya berusaha mencari tahu lewat internet mengenai tempat ini. Setelah melihat beberapa website yang menuliskan mengenai gunung Buaya ini, saya malah bertambah penasaran dan jadi kepengen banget untuk nyobain gowes di sana.

Gunung Buaya Surabaya
Markir dulu

Berlokasi di daerah Karang Pilang Surabaya,  Tempat ini sebetulnya lokasi basis latihan dari korps Marinir. Penasaran pengen nyobain karena tracknya yang melewati jalan setapak dan naik turun. Cocok untuk latihan offroad ringan.

gunung Buaya Surabaya
Lokasi Gunung Buaya

Akhirnya saya coba bertanya ke grup PXR Surabaya, siapa saja yang mau ikutan ke gunung Buaya dan yang jadi ikutan ada tiga orang termasuk saya.

Saya sebetulnya belum tahu lokasi tempat ini. Saya coba untuk bertanya di beberapa grup goweser Facebook yang ada di Surabaya. Akhirnya mendapatkan informasi dari mas Irfan-Federalist yang akhirnya memberikan informasi petunjuk jalan menuju tempat tersebut.

Untuk menuju tempat ini sebetulnya mudah, kita tinggal mengarah ke jalan Mastrip, lalu mengarah menuju SMAN 22 Surabaya. Dari SMAN 22 ini, kita tinggal masuk atau bisa juga bertanya kepada penduduk sekitar ke mana arah menuju gunung Buaya.

Saya memulai gowes dari Gedangan, menuju ke lokasi. Sampai di lokasi Karang Pilang setelah bertanya sana-sini dan coba-coba masuk ke jalan-jalan setapak, akhirnya sampai juga di track yang dimaksud. Saya mencoba masuk melalui lapangan tembak. Sebetulnya ada pintu masuk lain, dari hasil bertanya ibu yang menjaga warung di situ, arah masuk ke gunung Buaya, selain melewati lapangan tembak, juga bisa melalui daerah yang dinamakan Mak Lampir, entah kenapa dinamakan demikian.

gunung Buaya Surabaya
Perjalanan dimulai

Setelah mencoba-coba mencari jalan melalui lapangan tembak, kami berhasil menemukan tracknya. Ternyata di sana sudah ada beberapa goweser yang mencoba track ini. Kita bertemu di sebuah area yang kayaknya cocok buat latihan jumping-jumpingan.

gunung Buaya Surabaya
Latihan jumping di sini

Track gunung Buaya sangat cocok untuk latihan offroad ringan. Kontur naik turun lokasinya mantap. Karena saya baru pertama kali gowes pakai Xtrada 6 di jalur seperti ini, agaknya saya agak kesusahan mengendalikan sepedanya. Belum lagi pada saat mengatur perpindahan gir ataupun memindahkan ke posisi gir yang tepat untuk melibat track yang dilewati.

gunung buaya surabaya
Nyoto dulu di Jalan Balasklumprik

Gunung Buaya Surabaya sangat layak untuk dicoba kembali. Sekalian untuk latihan offroad ringan, dan lagipula lokasinya juga tidak jauh dan masih ada di sekitar Surabaya.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

5 thoughts on “Gowes di Gunung Buaya Surabaya”

    1. maksudnya bawa motor lewat jalur sepedanya? gak bisa kayaknya.
      Atau bawa motor menuju ke sana? Kalau bawa motor ke sana bisa banget kok

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.