Gunakan Emoji Untuk Menyampaikan Ekspresi

Emoji Untuk Menyampaikan Ekspresi
Gambar oleh Pixaline dari Pixabay

Saat ini emoji telah banyak digunakan pada berbagai aplikasi dan media. Kamu juga bisa temukan dengan mudah penggunaan emoji dalam setiap aplikasi pesan instant, email, maupun pada media sosial. Emoji merupakan suatu karakter ataupun bentuk yang mewakili dari perasaan yang akan diungkapkan dalam suatu kata-kata ataupun dalam suatu percakapan. Hal ini menunjukkan jika emoji untuk menyampaikan ekspresi seseorang kepada orang lain adalah suatu hal yang saat ini sudah lazim digunakan.

Berbagai Arti Emoji

Emoji yang kita temui dengan banyak bentuk, mempunyai berbagai macam arti. Saat ini mungkin lebih dari 100-an arti emoji yang bisa kamu temukan. Berikut ini adalah 5 contoh emoji yang sering kamu temui dan gunakan, antara lain:

  1. Emoji Senyum ( 😊 )
    Emoji dengan senyum seperti ini cocok digunakan pada saat kamu sedang mendapatkan pujian dari orang lain. Terlihat seperti orang tersenyum dengan pipi merona merah ya. Emoji senyum ini adalah suatu emoji yang paling sering digunakan di dunia.
  2. Emoji Senang ( 😀 )
    Emoji yang menunjukkan orang tertawa ini adalah suatu emoji yang digunakan untuk menggambarkan kegembiraan. Kalau kamu ingin menunjukkan bahwa perasaan kamu sedang senang, kamu bisa menggunakan emoji ini.
  3. Emoji Tertawa Sampai Menangis ( 😂 )
    Emoji ini menunjukkan jika kamu sedang tertawa terbahak-bahak hingga sampai mengeluarkan air mata. Emoji ini termasuk sering digunakan, terutama untuk merespon sesuatu yang sangat lucu.
  4. Emoji Tersenyum Lebar ( 😄 )
    Emoji ini digunakan ketika ingin merespon sesuatu yang lucu. Misalnya ada teman kamu yang sedang bercerita mengenai suatu lelucon.
  5. Emoji Menjulurkan Lidah ( 😋 )
    Jika kamu ingin menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan rasa makanan yang lezat, kamu bisa pakai emoji ini.

Selain kelima contoh emoji di atas, masih banyak emoji lainnya yang bisa kamu temui. Kalau penasaran, kamu bisa mengunjungi situs ini untuk mengetahui berbagai arti emoji.

Kesepakatan Bersama

Untuk menjadikan sebuah karakter untuk menjadi emoji, diperlukan adanya kesepakatan bersama untuk mendapatkan kesamaan dalam bentuk serta artinya. Kesepakatan bersama ini penting agar ketika suatu emoji digunakan tidak menimbulkan persepsi yang berbeda antara pengguna yang satu dengan yang lainnya.

Penggunaan Emoji yang Semakin Mudah

Pada saat pertama kali emoji digunakan dalam percakapan, emoji diwakili oleh beberapa rangkaian karakter. Rangkaian karakter yang telah disepakati ini digunakan secara luas. Misalnya saja rangkaian karakter : ) yang mewakili dari emoji senyum.

Namun dengan seiring waktu, saat ini penggunaan emoji semakin diberikan kemudahan. Sekarang hampir semua aplikasi telah mengadopsi penggunaan emoji. Berbeda dengan pada masa awal emoji digunakan, sekarang kamu tidak perlu repot lagi untuk mengetikkan rangkaian karakter yang mewakili sebuah emoji, tetapi kamu bisa langsung memilih emoji apa yang ingin kamu gunakan dan sampaikan. Bahkan pada masa sekarang, keyboard yang ada pada telepon seluler sudah sepenuhnya mendukung emoji dengan memiliki berbagai pilihan emoji yang siap pakai.

Namun dibalik segala kemudahan dalam penggunaan emoji untuk menyampaikan ekspresi, ada hal yang harus kamu perhatikan. Yang pertama adalah kamu harus pastikan untuk menggunakan dan memilih emoji yang tepat dan sesuai dengan konteks dari pembicaraan. Jangan sampai kamu memberikan emoji yang salah sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Kemudian yang kedua adalah jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan emoji. Jangan sampai pesan dalam pembicaraanmu malah penuh dengan emoji daripada kata-kata yang seharusnya kamu sampaikan, karena hal ini akan membingungkan lawan bicaramu untuk menangkap pesan yang ingin kamu sampaikan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.