about life

Hari ini Adalah Hari Bumi

Hari ini, tanggal 22 April adalah hari Bumi.

Peringatan hari Bumi gaungnya di Indonesia tidak sehebat hari Kartini yang diperingati di Indonesia dengan gemerlap kebaya dan pakaian adat. Padahal menurut saya Hari Bumi tidaklah kalah penting dengan hari lainnya.

Bagaimana sih hari bumi ini bermula. Peringatan hari bumi dilaksanakan pertama kali sejak 22 April 1970 sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan untuk bumi, yang digagas oleh Senator Gaylord Nelson di
Philadephia, US.

Beliau menyampaikan pidatonya di Seattle tahun 1969, tentang desakan untuk memasukkan isu-isu kontroversial, dalam hal ini lingkungan hidup, dalam kurikulum resmi perguruan tinggi mengikuti model teach in mengenai masalah anti perang. Gagasan Nelson mendapat dukungan yang mencengangkan dari masyarakat sipil.Dukungan yang terus mengalir, majalah TIME memperkirakan sekitar 20 juta orang turun ke jalan pada 22 april 1970.

Gerakan menyelamatkan Bumi ini semakin meluas dan masif, dan akhirnya menjadi kegiatan tahunan yang terus diadakan hingga saat ini. Harapannya adalah timbulnya kesadaran pada semua manusia di bumi ini betapa bumi semakin tua dan rapuh, jangan terus dieksploitasi.

Bagaimana sih aksi nyata yang bisa dilakukan untuk memperingati hari bumi ini.  Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan:

  • kurangi penggunaan kendaraan bermotor
  • hemat energi listrik dan air
  • pisahkan sampah organik dan anorganik
  • daur ulang sampah dan jgn buang sembarangan
  • cegah pembalakan dan perburuan liar

Semoga beberapa hal di atas ada yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi ini.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

5 thoughts on “Hari ini Adalah Hari Bumi”

  1. popok (diaper) bayi yg isinya e’ek itu termasuk apa? sampah organik atau non organik?
    kalau dari kemasannya sih non organik… tapi kalau isinya organik banget!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.