Ini Lho, Makanan Yang Dianjurkan Untuk Diet Keto!
Sharing

Ini Lho, Makanan Yang Dianjurkan Untuk Diet Keto!

Anda pasti sudah sering mendengar mengenai diet keto, bukan? Meski baru populer di Indonesia, diet ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan secara ilmiah dikenal dengan ketogenic diet. Pada dasarnya, diet ini bekerja dengan membatasi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak sehat yang akan dibakar tubuh menjadi energi. Kalau Anda berniat memulai diet keto, awalilah dengan menyediakan makanan-makanan berikut ini:

Ini Lho, Makanan Yang Dianjurkan Untuk Diet Keto!
pixabay.com

Telur

Dalam diet keto, telur merupakan salah satu makanan yang paling dipuja. Bahan ini kaya akan protein dan lemak sehat, banyak pula kandungan nutrisi di dalamnya. Kemudian telur juga memiliki rasa yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Anda bisa dengan mudah mengonsumsi telur setiap hari dan tidak akan merasa bosan. Selain itu, telur juga sangat mudah didapat dan harganya juga lebih terjangkau dibanding daging sapi.

pixabay.com

Alpukat

Kalau berbicara mengenai buah yang paling direkomendasikan dalam diet keto, alpukat adalah jawabannya. Selama ini alpukat memang dikenal sebagai sumber lemak sehat yang juga tinggi serat dan kalium. Nah, untuk diet keto ini Anda bisa mengonsumsi banyak alpukat yang diolah menjadi berbagai hidangan. Di Indonesia, alpukat mungkin lebih sering dijadikan hidangan pencuci mulut. Tapi di Eropa dan Amerika, alpukat malah sering dijadikan menu sarapan dengan dipanggang bersamaan sayur dan daging.

pixabay.com

Sayur hijau

Menjalani diet keto bukan berarti Anda harus mengonsumsi lemak 100 persen. Sayuran hijau juga termasuk makanan yang perlu dikonsumsi secara rutin. Anda bisa memiliki sayur sawi, kangkung, bayam, selada, maupun dedaunan lain seperti daun singking atau daun pepaya. Sayur-sayuran ini sangat rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Namun ingatlah untuk tidak memasaknya dengan lemak jenuh karena akan mengurangi manfaatnya.

pixabay.com

Keju

Kalau Anda ingin ngemil makanan gurih saat diet, keju adalah pilihan terbaik. Keju ini sangat aman dikonsumsi oleh Anda yang menjalani diet keto. Tapi pastikan untuk memilih keju yang memang terbuat dari susu murni dan tidak ada kandungan zat tambahan seperti gula. Di Indonesia sendiri banyak beredar keju yang kandungan susunya hanya sedikit. Sebaiknya cari keju yang bermerek karena lebih terjamin mutunya meski harganya juga lebih tinggi.

pixabay.com

Dada ayam

Selama menjalani diet keto, dada ayam sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dada ayam juga bisa diolah menjadi berbagai makanan enak, mulai dari hanya dikukus sampai dipanggang dengan olesan saus yang nikmat. Bagian dada merupakan pilihan terbaik dibanding yang lain karena cenderung memiliki lemak yang sehat dan tidak membahayakan tubuh. Sebaiknya Anda membeli dada ayam fillet karena lebih mudah dimasak dan dagingnya juga lebih banyak.

pixabay.com

Ikan

Anda pasti sudah tahu kalau ikan merupakan salah satu sumber lemak sehat yang sangat baik dikonsumsi. Nah, selama menjalani diet keto Anda bebas mengonsumsi berbagai jenis ikan asal perhatikan proses pengolahannya. Dibandingkan memilih ikan yang sudah dalam kaleng dan berlumur saus, lebih baik gunakan ikan segar dan olah dengan cara dikukus atau dipanggang.

pixabay.com

Tahu tempe

Last but not least, tahu tempe jug termasuk sumber lemak sehat yang sangat sedikit mengandung kalori. Kedua bahan ini juga bisa dikonsumsi setiap hari karena mudah diolah dan selalu cocok dipadukan dengan bahan lainnya. Tahu dan tempe juga termasuk murah dibanding sumber lemak lainnya.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.