Ini Semua Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Payment Gateway

Tentang Payment Gateway
Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

Pada era saat ini Kamu bisa melihat bahwa perkembangan e-commerce bergerak begitu cepat. Bagaimana tidak, pola jual-beli online ini bisa dibilang sangat praktis karena tidak memerlukan pertemuan secara fisik antara penjual dan pembeli dan berbagai kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh e-commerce. Namun untuk membangun sebuah platform e-commerce ada hal penting yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran. Ada berbagai cara untuk melakukan proses transaksi pembelian online, namun Kamu membutuhkan sebuah payment gateway untuk memfasilitasi transaksi tersebut. Dalam tulisan ini akan dikupas tentang payment gateway.

Payment gateway adalah sebuah layanan yang digunakan untuk melakukan proses pembayaran seperti kartu kredit, kartu debit dengan mentransfer informasi antara website e-commerce Kamu dengan layanan perbankan.

Ada banyak penyedia layanan payment gateway yang ditawarkan di Indonesia dengan berbagai variasi kualitas dan fitur. Kualitas dan fitur dari produk yang beragam ini menjadi hal yang cukup menantang untuk menemukan payment gateway yang tepat untuk e-commerce Kamu.

Berikut adalah 6 pertimbangan yang bisa Kamu ambil ketika akan memilih layanan tentang payment gateway:

1. Kecepatan Dalam Transaksi

Pastikan bahwa payment gateway yang Kamu pilih dapat menawarkan pengalaman transaksi yang cepat pada saat checkout, terutama pada saat mendapat volume transaksi yang tinggi. Kecepatan transaksi ini menjadi sangat penting, karena proses yang lambat pada saat checkout dapat berpengaruh pada konversi pada saat transaksi hingga sampai pada kejadian pembatalan transaksi.

Selanjutnya Kamu juga harus pastikan bahwa penyedia layanan tersebut menyediakan rencana darurat jika mengalami gangguan layanan untuk memastikan jika Kamu tidak akan kehilangan peluang bisnis jika terjadi masalah teknis.

2. Pengalaman pengguna

Pengalaman menggunakan payment gateway dari pelanggan e-commerce Kamu ketika melakukan transaksi akan membantu dalam meningkatkan kepercayaan terhadap e-commerce yang Kamu kelola.

3. Integrasi

Pilih payment gateway yang dapat terintegrasi dengan mudah dengan platform e-commerce Kamu saat ini. Penyedia layanan payment gateway biasanya juga menyediakan dukungan teknis untuk membantu integrasi ini.

4. Fitur Keamanan

Pastikan tingkat keamanan dan perlindungan data transaksi pelangganmu dari payment gateway tersebut. Pastikan data pelanggan yang dikirimkan dari e-commercemu ke payment gateway sudah dienkripsi.

5. Perhatikan Syarat dan ketentuan

Pastikan Kamu memahami mengenai kontrak yang ditawarkan oleh penyedia jasa layanan payment gatewat. Perhatikan seperti biaya pemutusan, persyaratan volume, biaya transaksi, biaya bulanan, biaya minimum, biaya integrasi dan lainnya. Jangan sampai Kamu mendapatkan biaya yang tidak Kamu duga setelahnya. Perhatikan juga jenis barang apa saja yang boleh diproses oleh payment gateway tersebut.

6. Dapat Melakukan Transaksi Internasional

Jika e-commerce mu melayani pelanggan internasional, maka pastikan untuk memilih penyedia payment gateway yang bisa melayani baik transaksi domestik maupun internasional.

Tentang Payment Gateway
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Setelah membaca ulasan 6 pertimbangan buat kamu dalam memilih payment gateway, saatnya Kamu menentukan payment gateway mana yang bisa kamu pilih. Sebagai pertimbangan, saat ini Prismalink International mengenalkan jasa layanan payment gateway yang diberi nama dengan Prismalink. Salah satu payment gateway yang memberikan layanan terbaik ini bisa kamu akses di prismalink.co.id. Prismalink juga menawarkan harga yang kompetitif jika Kamu bandingkan dengan jasa layanan payment gateway lainnya di Indonesia. Layanannya pun sangat lengkap, meliputi pembayaran melalui kartu kredit, kartu debit, virtual account, QR Code serta juga menyediakan bill payment.

Menariknya, Prismalink juga menyediakan aplikasi white label yang akan memudahkan buat Kamu yang belum memiliki aplikasi. Wah banyak fitur yang membuat bisnis menjadi lebih mudah ya. Bagaimana? Prismalink cocok banget kan untuk kebutuhan payment gateway kamu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.