Sharing

“IT Man” yang terjebak di dunia logistik

dunia logistikMungkin banyak cerita seperti saya, IT man yang “terjebak” di dunia logistik.
Pertama kali saya mengenal dunia logistik saya langsung jatuh cinta. Pekerjaan pertama saya adalah mengelola inventory sebuat proyek telekomunikasi, mencari discrepancy antara inventory dari customer dan di internal sistem serta mencocokkannya di lapangan.

Untuk pertama kali saya memulai dengan mempelajari flow proses di lapangan dan mempelajari juga dengan bagaimana penerapannya di sistem informasinya.
Tentu untuk hal yang seperti ini memang saya sudah terbiasa melakukannya, karena memang di perkuliahan kita diajarkan untuk memahami proses yang berlangsung dan menerjemahkannya ke dalam sebuah aplikasi ataupun memberikan sentuhan improvemen di dalam aplikasi tersebut agar prosesnya bisa lebih efektif dan efisien.

Ternyata cerita mengenai “IT Man” di dunia logistik juga banyak lho. Ini salah satunya Inna Kuznetsova, saat ini menjadi presiden INTRRA, perusahaan IT yang mensupport kegiatan Logistik. Karir pertamanya dari IBM dan tiba-tiba dia harus masuk ke dalam dunia logistik. cerita mengenai “IT Woman” Inna Kuznetsova bisa dibaca di sini

Sama dengan artikel tersebut, menurut saya para “IT Man” ini punya keunggulan jika masuk di dunia logistik. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan IT. Bahkan dengan mudah setiap perubahan di dunia logistik misal saja  perubahan regulasi bisa dengan mudah di kelola oleh teknologi informasi. Atau misalnya tren ecommerce yang menuntut volume yang tinggi di fulfillment center -nya bisa diatasi dengan proses automation.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.