teknologi sepuluh tahun mendatang
Sharing

Kemana Teknologi Akan Dibawa Sepuluh Tahun Mendatang

teknologi sepuluh tahun mendatang

Bagaimana teknologi sepuluh tahun mendatang? Sebuah pertanyaan besar yang sekarang pastinya hinggap pada setiap manusia yang ada di muka bumu.

Kurang lebih dua tahun yang lalu saya mengenal blockchain dari persinggungan dengan crypto currency. Pada saat itu booming crypto currency dimulai dari kenaikan nilai tukar Bitcoin yang fantastis dan tiba-tiba teknologi blockchain menjadi mengemuka.

Tentu menarik banget jika bisa mengetahui mengapa Blockchain menjadi salah satu teknologi yang digadang-gadang menjadi masif di masa mendatang. Banyak sekali yang mengulasnya, salah satunya adalah Gartner. Saya sempat mengikuti salah satu workshop dasar Blockchain di Jakarta. Waktu itu memakai jaringan dari Ethereum. Namun rupanya hingga saat ini, teknologi ini masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang.

Tidak seperti Artificial Intelligence yang masif digunakan seperti pada Chat Bot ataupun pada Machine Learning. Kita bisa dengan mudah mengetahui teknologi ini. Maka seiring dengan perkembangan teknologi ini, semakin banyak pula diimplementasikan di berbagai bidang.

Kemudian jika berbicara tentang perkembangan teknologi, tentu kita tidak bisa meninggalkan Internet Of Thing dan Big Data.

Ahhhhh, banyak sekali memang yang harus dipelajari. Tapi jika tidak, wah bagaimana kita harus bertahan. Kita sekarang sudah merasakan bahwa semakin banyak efisiensi yang dilakukan. Seperti misalnya kita temui di penjaga loket tol yang sudah digantikan oleh mesin. Begitu juga kantor bank yang mulai sepi karena lebih banyak yang melakukan transaksi online, bahkan untuk membuka rekening-pun kita tidak perlu datang ke kantor bank tersebut, cukup melalui gadget kita sudah bisa membuka rekening.

Transformasi inilah yang harus kita sadari. Bahwa teknologi lambat laun akan memberikan efisiensi yang luar biasa. Maka sebagai pencipta dan pengguna teknologi, tentunya kita harus mendapatkan manfaatnya. Tidaklah perlu takut terhadap perkembangan teknologi karena hal tersebut adalah kepastian.

Tentu saja kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapinya. Masa perkembangan teknologi sepuluh tahun mendatang tentu sangat berbeda jika kita membandingkan dengan sepuluh tahun belakang. Hal ini adalah salah satu sifat teknologi yang bersifat eksponensial dan membuat perkembangan teknologi berkali lipat cepatnya daripada masa lalu.

Persiapan bagi diri kita ataupun untuk anak-anak kita harus dilakukan. Sekali lagi tidaklah perlu takut. Dengan kemajuan teknologi ini, maka kehidupan di masa mendatang akan menjadi lebih baik.

Yuk kita persiapkan diri kita.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.