Digital Marketing

Apa saja komponen di online marketing

Saya ingin berbagi mengenai komponen di online marketing.

komponen di online marketingSeiring dengan perkembangan internet. Tren dalam melakukan marketing juga ikut berubah. Salah satunya adalah pemanfaatan media internet untuk melakukan kegiatan marketing, yang dikenal dengan online marketing.

di dalam online marketing, ada beberapa komponen yang dapat digunakan sebagai media melakukan kegiatan marketing. Saya akan mengulasnya satu persatu.

Sampai saat ini menurut saya ada 9 komponen di online marketing yang dapat kita gunakan.

  1. Online Advertising
    Adalah kegiatan marketing yang berkaitan dengan pemasangan iklan pada penyedia jasa pemasang iklan tertentu. Misalnya banner space yang disewakan oleh portal tertentu. Harga space biasanya berdasarkan pada jumlah pengunjung di website tersebut, serta lokasi penempatan iklan misal di halaman landing page akan lebih mahal.
  2. SEM
    SEM dari singkatan Search Engine Marketing didefinisikan dengan pemanfaatan mesin pencarian untuk kegiatan marketing berupa pemasangan iklan pada media mesin pencari. Misalnya saja di mesin pencari Google, kita bisa mendapati beberapa iklan di bagian atas, samping dan bawah halaman mesin pencari Google ketika kita mendapatkan hasil dari keyword yang kita ketikkan. Jika dicontohkan dengan mesin pencari Google, maka Google menawarkan dengan metode pembayaran pay per click dengan asumsi pemasang iklan hanya harus membayar ketika iklan yang ditayangkan tersebut diklik. Selain itu kombinasi harga yang lain adalah penempatan urutan iklan tersebut didasarkan pada pemasang iklan yang membayar lebih tinggi setiap kliknya. Harga per klik tersebut akan semakin tinggi jika keyword yang dipakai adalah keyword dengan intensitas yang tinggi.
  3. SEO
    SEO merupakan singkatan Search Engine Optimation. Metode inilah yang digunakan oleh beberapa website untuk melakukan trik agar berada pada indeks terawal mesin pencari. Biasanya yang patokan adalah mesin pencari Google dikarenakan Google adalah mesin pencari dengan pengguna terbanyak. Beberapa tools untuk mendapatkan indeks terbaik berdasarkan keyword tertentu dibuat dengan menyesuaikan algoritma dari mesin pencari Google.
  4. Email
    Email adalah salah satu media yang digunakan dalam menyampaikan informasi tertentu kepada orang lain melalui internet. Email sudah sangat lazim digunakan. Oleh sebab itu, email menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan dan digunakan di dalam online marketing. Dilakukan dengan cara melakukan pengiriman email dengan konten marketing tertentu kepada email yang kita tuju. Saat ini juga sudah banyak penyedia jasa pengiriman email untuk media marketing dengan beberapa keunggulan, misalnya kemampuan untuk mengirim ke banyak tujuan email dengan sekali klik.
  5. Social Media
    Inilah media yang sekarang juga menjadi tren sebagai salah satu komponen di dalam online marketing. Aplikasi berbasiskan sharing pengguna, baik informasi, status, foto mendapatkan ketertarikan yang begitu besar dari pengguna. Dengan daya tarik dari pengguna yang besar, maka Social Media tak ayal lagi menjadi hal yang wajib digunakan oleh penggiat online marketing. Beberapa social media bahkan menyediakan tools khusus untuk kegiatan marketing, misalnya Facebook yang memberikan tools untuk melakukan segmentasi penggunanya berdasarkan lokasi, ketertarikan pada hal tertentu dan juga usia.
  6. Content Marketing
    Content Marketing adalah komponen dari online marketing yang memperhatikan pada isi dari kegiatan marketing yang dilakukan melalui internet. Tujuannya adalah agar apa yang sudah dilakukan di online marketing mendapatkan hasil yang diinginkan. Misalnya jika anda mempunyai bisnis toko online, maka ketika ada pengunjung yang anda dapatkan dari iklan yang anda pasang, maka harapan anda adalah pengunjung tersebut melakukan transaksi di toko online anda. Penentuan content marketing adalah kegiatan yang penting. Oleh sebab itu, harus dilakukan analisa yang mendalam di bagian ini, agar kegiatan online marketing mendapatkan hasil yang diinginkan.
  7. Web Analytics
    Web analytics
    adalah kegiatan di dalam online marketing untuk melakukan analisa terhadap website yang kita punya. Misalnya jumlah pengunjung, lalu kebiasaan pengunjung kita. Bisa juga dari halaman yang sering dikunjungi serta berapa lama pengunjung membuka website kita. Tools yang paling populer digunakan adalah Google Analytics karena dianggap tools yang paling lengkap.
  8. Online PR
    Online PR adalah kegiatan public relation yang memanfaatkan internet, misalnya kegiatan branding maupun kegiatan membangun kepercayaan masyarakat.
  9. Website Design
    Website bisa diibaratkan sebagai sebuah rumah, kantor ataupun tempat tertentu yang akan dikunjungi. Tentunya seperti pada tempat secara fisikpun, website harus didesign agar pengunjung merasa nyaman, mudah dalam menjelajah website anda. Oleh karena itu website design juga menjadi salah satu komponen penting di online marketing. Di dalam dunia website design dikenal dengan UI/UX (User Interface/User Experience) yang menekankan pada aspek manusia sebagai salah satu faktor penting di dalam melakukan kegiatan website design.

Demikian ulasan mengenai 9 komponen di online marketing. kesembilan komponen ini adalah awal untuk kita memahami mengenai online marketing dan masih dapat dijabarkan satu persatu dalam rangkaian tulisan yang lebih kompleks lagi.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.