about life

Kunjungi Warnet, E-mail Disandera

San Diego, Pengguna warnet harus semakin hati-hati, salah-salah account e-mail yang telah digunakan bertahun-tahun tiba-tiba disandera orang.

Hal itu yang dialami seorang pengguna Hotmail, e-mail gratisan dari Microsoft Network (MSN). Suatu kali ia mengunjungi sebuah warung internet (warnet) di Meksiko dan membuka e-mail Hotmail-nya. Saat ia membuka lagi account tersebut di Amerika Serikat, isinya sudah kosong kecuali satu pesan dari pihak tak dikenal.

Pesan itu meminta sang korban membayar sejumlah dana untuk mendapatkan kembali semua e-mail dan alamat kontak yang ada pada account Hotmail-nya. Demikian keterangan Websense Security Labs yang dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (12/12/2006).

Surat permintaan itu ditulis dalam Bahasa Spanyol yang kurang baik. Jika diterjemahkan, kira-kira bunyi pesan itu adalah: “Kalau Anda ingin tahu di mana kontak dan e-mail Anda, maka bayar kami. Jangan hubungi kami segera jika Anda lebih suka kehilangan semuanya!”

Dan Hubbard, Direktur Senior Websense, mengatakan ini adalah kasus pertama e-mail disandera untuk mendapatkan sejumlah uang. Kasus yang pernah terjadi adalah sejenis virus yang menyandera file milik korbannya.

Kejadian di Meksiko ini belum diketahui apa penyebabnya. Bisa jadi korban terjebak tipuan phishing. Namun, bisa juga di komputer warnet itu terdapat Spyware yang mencatat tombol yang diketikkan korban (keylogger).

Hubbard menyarankan pengguna warnet untuk selalu berhati-hati saat mengakses account mereka. Ia juga menyarankan agar kata sandi sering-sering diubah. (wsh/wsh)

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.