Langkah-langkah Optimalisasi
SEO

Langkah-langkah Optimalisasi SEO Madu Hutan Amfoang di jmpindonesia.com

Halo reader, hari ini saya akan membagi langkah-langkah mengenai proses SEO untuk sebuah produk. Kebetulan kali ini saya mendapatkan sebuah challenge dari kantor untuk mengoptimalkan pencarian sebuah produk madu hutan asli amfoang yang dipasarkan melalui web http://www.jmpindonesia.com. Untuk halaman produk madu hutan amfoang ada di halaman berikut.

Mengapa harus dioptimasi? Karena ini berkaitan dengan penjualan produk secara online, saya percaya bahwa 10% dari jumlah trafik yang masuk pasti akan melakukan transaksi. Oleh sebab itu SEO menjadi sangat penting untuk menjaring transaksi dari trafik organik

Oya sebelum lebih lanjut saya jelaskan dahulu mengenai casenya. JMP Indonesia adalah distributor sebuah produk madu hutan yang diproduksi di Amfoang NTT. Reader bisa googling mengenai produk ini karena sudah banyak ulasannya di media online.

Website JMP Indonesia dibuat dengan platform wordpress oleh Angen, dan kali ini akan kita coba optimize agar bisa diindeks oleh google dan berada pada halaman pertama. Untuk website sudah didaftarkan ke google analytics dan google webmaster.
Umur domain kurang lebih sembilan bulan, dan rangking di alexa masih 0.

Untuk melakukan optimalisasi SEO yang pertama saya lakukan adalah mencari keyword yang tepat untuk produk ini. Saya menggunakan tools ubersugges.

Saya isikan dengan keyword madu hutan, kemudian negara saya pilih di Indonesia karena memang targetnya di Indonesia. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Yang saya perhatikan adalah search volumenya. Karena saya memang mengandalkan traffict organik bukan dari iklan berbayar. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah keyword ideas.

Langkah-langkah Optimalisasi

Dari keyword ideas ini, biasanya saya akan kompilasi menjadi long keyword. Dapatnya nanti seperti ini

Langkah-langkah Optimalisasi

Wah ternyata madu hutan timor amfoang termasuk salah satu yang sering dicari di google
Dari beberapa keyword yang ada, saya akan saring keywordnya yang relevan dengan produk yang akan dioptimalkan, Hasilnya sebagai berikut:

Selanjutnya kita lakukan kompilasi untuk menjadi long keyword, hasilnya sebagai berikut.

madu hutan murni asli liar super tropis multi flora amfoang flores ntt

Selanjutnya masuk ke dalam admin website. karena menggunakan wordpress, makan dipakai plugin yoast, untuk membantu setup keyword di halaman produk madu, hasilnya sebagai berikut.

Oya, untuk list keyword ideas tadi masih bisa kita pakai kembali dengan membuatnya di dalam postingan, dimana setiap postingan didalamya dibuat suatu link yang mengarah kepada halaman produk madu amfoang.

Selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan cek apakah halaman produk madu amfoang tadi sudah masuk dalam listing google. Untuk itu saya menggunakan tools dari whatsmyserp, kita tinggal masukkan domain dan masukkan target keyword.

Langkah selanjutnya tinggal memantau dari halaman whatsmyserp, kemudian menyebarkan linknya di media sosial dan membuat postingan yang memberikan backlink ke halaman produk.

Cara ini memang mungkin tidak efektif bagi yang ingin cepat mendapatkan traffict, tapi kita bisa mendapatkan traffict organik yang kita dapatkan secara gratis.

Untuk lebih lanjut, kita bisa melakukan backlink builder. Saya biasanya menggunakan konsep follow aja dari halaman website kompetitor. Untuk melihat kompetitor sangat gampang, pakai halaman di whatsmyserp, kemudian klik icon 

Sayangnya, list kompetitor yang dibuat hanya bisa melihat kalau halaman kita sudah masuk di 100 besar halaman google. Misal di keyword “madu hutan” ini.

Untuk melihat backlink dari kompetitor, kita bisa memakai tools dari ahref, misal dari link di atas, kita akan cek domain http://www.amfoangjaya.com/

hasilnya sebagai berikut

Selanjutnya tinggal klik ke website yang menjadi referensi. Masuk ke masing-masing website tersebut, kemudian cari dimana kita bisa menyisipkan link website kita. Misalnya pada halaman http://www.jmhi.info/persyaratan-menjadi-anggota-jmhi/, ternyata kita menyisipkannya di bagian komentar

Ok, demikian proses optimasi halaman produk madu hutan amfoang yang saya lakukan. Selanjutnya tinggal memantau whatsmyserp dan terus menganalisa agar konsistensi trafik selalu terjaga.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.