macam macam profesi sukses yang bisa dilakukan sebagai kerja sampingan
Sharing

macam macam profesi sukses yang bisa dilakukan sebagai kerja sampingan

Katanya era sekarang adalah eranya anak milenial yang ditandai dengan adopsi pada teknologi digital. Mungkin hal ini bisa banyak diperdebatkan dan menjadi bahan diskusi yang menarik. Salah satu yang dijadikan catatan adalah mengenai profesi dari anak milenial. Dikatakan dalam berbagai tulisan bahwa anak milenial bakalan memilih profesi yang tidak mengikat mereka. Hmmm menarik juga, meski sekali lagi perlu studi mendalam mengenai hal ini.

macam macam profesi sukses  yang bisa dilakukan sebagai kerja sampingan
by pixabay

Berdasarkan hal tersebut, saya sebagai bukan anak milenial mencoba memperlihatkan ada juga sih sebetulnya alternatif pemikiran, terutama untuk pemilihan cara untuk mendapatkan uang. Betul memang kita bisa mendapatkan uang dari pekerjaan yang kita lakukan saat ini, namun ada alternatif lain untuk menjalani hal lain yang bisa dilakukan sebagai kerja sampingan dan dapat sukses serta menghasilkan uang.

Salah satu kriteria yang saya masukkan selain kesuksesan, potensi menghasilkan uang adalah kriteria bagaimana profesi ini bisa kita lakukan tanpa adanya batasan waktu. Maksudnya adalah kita bisa melakukan start dari usia berapa saja serta profesi ini bisa saja tidak mengenal kapan batas waktu kita berhenti. Mungkin batasannya adalah sekuat tubuh kita menjalaninya.

Ayo deh mulai simak profesi apa saja itu

  1. Penyanyi
    by pixabay

    Penyanyi selain mengandalkan olah vokal yang menurut saya bisa dilatih, serta mengandalkan karakter suara yang kita miliki. Kalau gak percaya, banyak penyanyi yang terkenal namun kualitas suara kadang tidak sebagus menurut kita. Tetapi ada juga penyanyi berkualitas bagus namun sama sekali tidak terkenal. Namun profesi ini menarik karena kita bisa menjalankannya dengan tanpa batasan umur. Misalnya saja jika masih bekerja, kita bisa melakukannya sebagai pekerjaan sampingan atau menjadi full timer penyanyi pada saat sudah berhenti bekerja

  2. Pemain Musik
    by pixabay


    Profesi sebagai pemain musik dapat menjadi salah profesi yang bisa kita jalankan seumur hidup kita. Interpretasi nada yang dituangkan dalam alat musik selain menjadikan hal ini adalah sebuah hobi menyenangkan juga bisa kita jadikan profesi yang bisa dilakukan tanpa batasan usia. Jika saat ini masih belum menguasai suatu alat musik dan mempunyai keinginan kuat untuk menjadi pemain musik, tidak ada salahnya untuk belajar suatu alat musik.
    Saat ini saya sedang mencoba belajar bermain keyboard. Kebetulan di rumah ada keyboard yang jarang digunakan, hanya istri saya yang bisa bermain keyboard. Saya mencoba mempelajarinya. Bersyukur sekarang di youtube banyak tersedia video tutorial bermain keyboard. Selain keyboard, saya juga mendalami keahlian bermain gitar dari youtube juga.

  3. Desainer
    by pixabay

    Profesi sebagai desainer ini sangat beragam. Bisa menjadi desainer rumah, desainer furniture ataupun desainer untuk tampilan antar muka software. Tetapi keahlian ini dituntut untuk menguasai software tertentu. Beruntungnya sekarang banyak sekali tutorial untuk hal ini. Kita bisa membeli buku, berlangganan tutorial berbayar atau yang gratis yang banyak bertebaran di youtube. Sekali lagi ini masalah passion yang akan mengarahkan anda untuk dapat menghasilkan uang lebih.

  4. Programmer
    by pixabay

    Nah ini passion yang sedang saya jalankan saat ini. Entah mengapa saya merasa programmer ini passion saya, meski profesi saya saat ini bukan sebagai programmer. Ada beberapa hal kenapa coding itu menyenangkan. Pertama kita dituntut untuk belajar banyak hal, yang kedua ada rasa senang jika kita bisa menyelesaikan suatu permasalahan dengan software kita. Saya masih ingat waktu kuliah dahulu software pertama yang saya buat dan dipakai secara massal adalah software untuk pendataan pembagian beras dalam suatu kegiatan sosial. Sebetulnya dalam kegiatan tersebut tidak ada keharusan untuk memakai software, akan tetapi saya coba buat dengan berbagai pertimbangan semisal data yang terpusat dan kemudahan verifikasi kupon yang dibagi, cuma itu saja pada saat itu. Oya, software ini gak dibuat untuk dijual, ya dibuat aja waktu itu dan dipakai secara gratis.
    Menariknya dari hal ini saya menjadi lebih tertantang untuk membantu memberikan solusi lain. O, ya saat ini kebutuhan akan programmer semakin meningkat, sampai-sampai susah untuk mendapatkan programmer jika perusahaan membuka lowongan. Salah satu sebabnya supply programmer yang kurang.
    Profesi programmer saat ini bahkan bisa dilakukan di rumah saja, yaitu dengan bekerja sebagai programmer remote. Artinya pemberi kerja bisa saja berada di tempat atau kota berbeda bahkan bisa berada di negara berbeda. Asyiknya lagi, selain kebebasan waktu, kita juga bisa menentukan seberapa penghasilan yang diinginkan termasuk pekerjaan apa yang diinginkan. Karena penghasilan dalam bentuk dollar, seringkali pekerja remote ini malah mendapatkan keuntungan berlipat jika nilai tukar dollar terhadap rupiah menguat seperti keadaan saat ini.
    Untuk menjadi programmer, seperti keahlian lainnya, saat ini banyak banget pembelajaran yang kita bisa jalani. Dari buku, video tutorial atau kursus. Sebagai catatan untuk kursus, ada lho yang biaya kursusnya sampai tiga puluh juta rupiah, tapi setelah menjalani kursus itu untuk mendapat salary tiga puluh juta rupiah per bulan itu menjadi mudah. Jadi bisa dibilang kalau usaha, dalam satu bulan sudah BEP, hehehe.

Oke sementara empat profesi dulu ya yang diungkap. Sebetulnya masih banyak profesi lainnya yang menghasilkan uang dengan seri tidak terbatan (hehehe) dan bisa dilakukan sebagai profesi sampingan. Misal jadi content creator di youtube, blogger, tapi kayaknya bakalan bisa panjang dan tulisan ini bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan  untuk menyelesaikannya.

Intinya adalah jangan pernah menyerah. Era sekarang kita bisa dengan mudah menghasilkan uang. Semuanya karena ada niat, usaha dan kemauan. Selanjutnya jalankan dan berdoa. Semoga semua sukses ya.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.