Memberikan Manfaat Susu Kepada Anak Dengan Padu Padan Makanan

manfaat susu
Gambar oleh Couleur dari Pixabay

Sebagai orang tua , saya percaya bahwa manfaat susu pada perkembangan tumbuh kembang anak begitu besar. Anak-anak yang selalu terbiasa untuk meminum susu akan mendapatkan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalam segelas susu. Misalnya saja kandungan lemak dan karbohidrat di dalam susu, akan memberikan sang anak energi yang berguna untuk mendukung aktifitasnya. Sementara kandungan protein dalam susu sangat penting digunakan untuk mendukung pertumbuhan sang anak. Kandungan kalsium dan fosfor di dalam susu juga akan mendukung perkembangan tulang dan gigi, dan berbagai macam kandungan vitamin yang ada di dalam susu akan membantu tubuh anak dalam melawan infeksi.

Meski manfaat yang terkandung di dalam segelas susu tersebut begitu banyak, namun tidak semua anak-anak mau meminum susu. Biasanya anak-anak akan menolak jika disuruh meminum segelas susu karena tidak cocok dengan rasanya yang hambar.

Oleh sebab itu diperlukan suatu cara agar anak Anda tetap mendapatkan manfaat susu tanpa harus dengan paksaan. Salah satu caranya adalah dengan memadu-padankan susu ke dalam makanan yang mereka konsumsi. Berikut saya ulas 5 padu padan makanan anak dengan susu, antara lain:

1. Mencampur dengan Sereal Sarapan

manfaat susu
Gambar oleh Bogdan Sanfira dari Pixabay

Tips yang pertama adalah mencampurkan susu ke dalam sereal. Susu dapat dicampur dengan sereal ataupun juga oatmal. Susu yang dicampurkan bisa dalam kondisi yang panas maupun dingin, tergantung dari kesukaan anak Anda. Tetapi Anda harus pastikan bahwa sereal tersebut harus segera dimakan sebelum sereal tersebut berubah menjadi sangat lembek. Selain itu, Anda dapat menambahkan tambahan makanan lainnya seperti kacang dan kismis, agar olahan sereal tersebut rasanya menjadi lebih enak.

2. Dibuat Menjadi Es Susu

manfaat susu
Gambar oleh Selling of my photos with StockAgencies is not permitted dari Pixabay

Cara selanjutnya adalah dengan membuat es susu untuk anak Anda. Anda bisa mencampurkan susu dengan buah-buahan, zat penyedap seperti vanila dan nanas. Setelah bahan tersebut dicampurkan, kemudian aduk dan kocok bersama-sama sampai menjadi berbuih. Selanjutnya Anda bisa masukkan adonan tersebut ke dalam ruangan pembeku di lemari es. Jika es susu tersebut telah beku dan padat, Anda bisa memberikan es susu tersebut kepada anak Anda.

3. Menambahkan Rasa Pada Susu

manfaat susu
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Tips yang ketiga adalah mencampurkan berbagai rasa makanan untuk meningkatkan rasa susu. Kebanyakan anak akan lebih menyukai rasa cokelat, namun Anda bisa mencoba mencampurkannya dengan rasa lain seperti kayu manis, strawberi, jahe, pisang, vanila, madu dan sebagainya.

4. Mengolah Susu menjadi Smoothie

manfaat susu dengan smoothie
Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Cara lainnya adalah mengolah susu untuk dibuat menjadi smoothie dengan menambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, es krim, yoghurt atau krim lezat apapun yang diinginkan oleh anak Anda.

5. Memberikan Warna Tambahan Pada Susu

manfaat memberi warna pada susu
Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay

Beberapa anak menolak untuk minum susu dengan alasan warna susu yang kusam. Oleh sebab itu padu padan berikut dapat anda lakukan yaitu Anda bisa melakukan eksperimen berikut dengan cara menambahkan beberapa tetes pewarna makanan pada segelas susu yang akan dihidangkan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk menambahkan banyak warna untuk membuat minuman susu yang semarak.

Memang kebanyakan para orang tua akan menghadapi kesulitan untuk meyakinkan anak-anak mereka untuk minum susu. Saya berharap tips melakukan padu padan antara susu dengan makanan untuk anak Anda ini bisa membantu agar anak Anda tetap mendapatkan manfaat dari susu. Meski demikian yang perlu diperhatikan, meski kita bersama tahu bahwa susu adalah minuman yang sehat, namun Anda tetap harus pastikan bahwa anak Anda akan tetap mendapatkan berbagai makanan lainnya seperti biji-bijian, ikan, daging, sayuran dan buah segar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.