Menarikkah Untuk Berinvestasi di Apartemen?

Berinvestasi di Apartemen
Gambar oleh MobyMotion dari Pixabay

Tung Desem Waringin seorang motivator yang terkenal di Indonesia mengungkapkan bahwa dirinya memilih bidang properti sebagai salah satu pilihan untuk berinvestasi. Tentu hal ini tidak secara sembarangan diungkap olehnya. Seperti yang diketahui berinvestasi di bidang properti memberikan banyak pilihan. Misalnya kamu bisa berinvestasi dengan membeli sebuah rumah, gudang, ataupun perkantoran. Namun kali ini saya akan membahas mengenai berinvestasi di Apartemen.

Memilih apartemen sebagai pilihan untuk berinvestasi bukanlah tanpa suatu alasan. Sebuah apartemen memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat sebagai tempat hunian, terutama bagi masyarakat yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan lain-lain. Setidaknya 3 hal ini yang membuat apartemen menjadi pilihan yang menarik untuk dijadikan sebagai tempat hunian:

  1. Lokasi yang strategis
    Salah satu alasan mengapa banyak orang untuk lebih memilih untuk tinggal di sebuah apartemen adalah karena bangunan apartemen biasanya berada pada lokasi yang strategis, semisal dekat dengan perkantoran ataupun pusat perekonomian lainnya. Dengan memilih tinggal di apartemen, maka akan memotong waktu perjalanan dari tempat tinggal untuk menuju ke tempat kerja. Apalagi di kota besar yang kita ketahui bahwa masalah kemacetan lalu-lintas adalah yang menjadi salah satu musuh terbesar bagi orang yang tinggal di sana.
  2. Fasilitas yang melimpah
    Sebuah apartemen akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Konsep ini hampir dimiliki oleh semua kompleks apartemen yang dibangun di Indonesia. Fasilitas yang ditawarkan biasanya berupa adanya tempat berbelanja, pusat penjualan makanan hingga kolam renang. Bahkan kita bisa temui ada beberapa apartemen telah terintegrasi langsung dengan pusat perkantoran dan pusat perbelanjaan.
  3. Perawatan yang minimal
    Dengan luasan ruang yang sangat kompak, apartemen menjadi pilihan bagi seseorang yang tidak ingin direpotkan untuk melakukan perawatan huniannya.

Dengan daya tarik yang dimiliki oleh apartemen ini, maka tidaklah heran jika kebutuhan apartemen ini akan semakin meningkat dari tahun ke tahun dan ini sangatlah tepat menjadi pilihan buat kamu untuk berinvestasi.

Model Investasi Apartemen

Saya mencatat ada 2 model hasil investasi yang bisa didapatkan dari investasi di sebuah apartemen, antara lain:

  1. Pendapatan sewa yang rutin
    Berinvestasi di apartemen lalu meyewakan apartemen tersebut, akan berpotensi untuk mendapatkan penghasilan secara rutin. Kamu dapat menyewakannya secara harian, bulanan dan tahunan. Tenang saja, saat ini kamu tidak perlu lagi repot untuk menawarkan apartemen tersebut karena sekarang sudah banyak website yang dapat membantu kamu untuk mempromosikan sekaligus bisa bertransaksi didalamnya. Selain itu, banyak juga dari pengelola apartemen yang memberikan jasa untuk membantu menawarkan apartemen yang ingin disewakan.
  2. Nilai jual yang terus bertumbuh
    Selisih antara nilai beli dan nilai jual adalah salah satu hal yan ingin didapatkan oleh seorang investor. Apartemen mempunyai potensi tersebut. Apalagi ketimpangan yang meningkat antara kebutuhan akan tempat hunian dan ketersediaan apartemen, maka potensi untuk menjual kembali sebuah apartemen juga semakin meningkat.

Memilih Apartemen

Sebelum menentukan pilihan apartemen yang akan kamu pilih sebagai investasi, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Lokasi
    Pastikan bahwa lokasi dari apartemen tersebut strategis, baik dari sisi kedekatan dengan pusat perekonomian maupun kemudahan terhadap akses transportasi.
  2. Pengelola
    Cari informasi siapa pengelola dari apartemen tersebut. Jangan sampai investasi yang kamu harapkan tidak dapat tercapai karena mendapat pengelola apartemen yang tidak profesional.
  3. Harga
    Tentukan dahulu harga apartemen yang ingin kamu ambil. Kamu bisa membeli apartemen dengan berbagai cara, baik secara tunai maupun dengan model Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Berdasarkan pertimbangan tersebut, selanjutnya kamu bisa mencari apartemen yang tepat untuk kamu. Untuk mencari apartemen, kamu dapat memanfaatkan berbagai situs yang menawarkan apartemen ataupun mengetikkan kata “apartemen dijual” di mesin pencari google sebagai informasi awal untuk mendapatkan apartemen yang bisa dipilih. Kamu juga bisa mengunjungi berbagai pameran properti ataupun datang langsung ke kompleks apartemen yang ada di kotamu.

Memilih Apartemen

Saatnya untuk kamu memilih apartemen. Pada tahapan ini, kamu dapat melakukan seleksi terhadap daftar apartemen dijual yang telah kamu dapatkan dari hasil pencarian kamu sebelumnya.

Sebagai panduan dalam memilih apartemen, kamu bisa memilih untuk berinvestasi di sebuah apartemen baru yang masih dalam proses pembangunan ataupun sebuah apartemen lama yang siap huni. Kedua pilihan tersebut, baik untuk memilih sebuah apartemen baru maupun apartemen yang lama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika kamu lebih memilih untuk sebuah apartemen yang masih baru dan sedang dalam proses pengerjaan pembangunan, maka kamu dapat berpotensi untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan dengan nilai jual yang dapat menjadi lebih tinggi seiring dengan semakin lengkapnya fasilitas dan semakin banyak penghuni dari apartemen tersebut.. Namun yang perlu kamu pertimbangkan adalah waktu tunggu dari selesainya proyek pembangunan apartemen tersebut, karena jika apartemen tersebut belum selesai dan membutuhkan waktu yang lama dalam penyelesaiannya, maka kamu masih belum mendapatkan penghasilan dari apartemen tersebut dan harus menunggu hingga proyek pembangunan apartemen tersebut selesai dan siap untuk dihuni.

Sedangkan jika kamu lebih memilih untuk berinvestasi pada apartemen lama yang sudah siap huni, maka kamu bisa segera menyewakan apartemen tersebut dan kamupun bisa segera mendapatkan penghasilan dari apartemen yang disewakan itu. Namun kekurangan dari memilih investasi di apartemen lama adalah selisih nilai jual dari harga beli apartemen yang lama sudah tidak setinggi dibandingkan dengan apartemen yang baru.

Bagaimana menurut kamu? Menarik banget ya untuk berinvestasi di apartemen? Semoga informasi tentang berinvestasi di apartemen ini bisa bermanfaat buat kamu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.