Instagram Menunjukkan Betapa Kreatifnya Orang Indonesia
Sharing

Mengamati Instagram Menunjukkan Betapa Kreatifnya Orang Indonesia

Kamu pasti tahu dong aplikasi yang bernama Instagram. Aplikasi ini bisa dioperasikan melalui telepon seluler iPhone maupun telepon seluler yang berbasis Android. Pada awal kemunculannya di iPhone, aplikasi ini heboh banget dan membuat banyak orang ingin mendownload karena fitur yang ditawarkan oleh instagram sangat menarik. Misalnya saja kemudahan upload foto atau juga instagram memberikan efek pada foto yang diupload.

Instagram Menunjukkan Betapa Kreatifnya Orang Indonesia

Instagram senyatanya adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memberikan kemudahan bagi penggunannya untuk mengambil atau mengupload foto, memberikan efek filter di foto yang sudah disediakan oleh instagram dan kemudahan untuk sharing apa yang kita publish di instagram ke media sosial lainnya sepert facebook dan twitter. Uniknya, pada saat awal peluncuran, instagram akan mempublish foto dengan rasio yang simetris, alias kalau kita upload foto dari telepon seluler pasti harus dicroping sesuai ukuran foto di instagram. Ini sebetulnya meniru kamera instan seperti Polaroid ataupun Kodak. Pada saat itu banyak aplikasi lain yang dibuat agar foto yang kita punya dari telepon seluler bisa diupload secara utuh di instagram. Belakangan instagram mengabulkan permintaan penggunanya untuk bisa mengupload foto secara utuh tanpa harus dicroping dengan kata lain instagram memberikan keleluasaan pada pengguna untuk upload foto sampai dengan rasio aspek 4:3 sebagaimana aspek rasio hasil jepretan telepon seluler.
Instagram pada awalnya merupakan sebuah aplikasi besutan perusahaan startup Burbn, inc yang berdiri di tahun 2010.
Pada tahun 2012, aplikasi ini dibeli oleh Facebook dan fitur-fitur Instagram pun terintegrasikan dengan layanan aplikasi Facebook lainnya.

Oya, logo yang saya upload di atas itu adalah logo baru Instagram yang diperkenalkan pada bulan mei 2016. Sebelumnya logo Instagram seperti di bawah ini. Persis kayak kamera Polaroid ya

instagram-lama
Beberapa fitur yang dimiliki Instagram antara lain:
Follower
Sebagai media sosial, Instagram juga mengikuti seperti halnya media sosial lainnya. Instagram memberikan memberikan kesempatan kepada sesama pengguna untuk mengikuti apa yang diupdate oleh pengguna lainnya. Begitu juga sebaliknya, apa yang diupdate oleh pengguna juga bisa diikuti oleh pengguna lainnya. Semakin banyak pengikut, maka kemungkinan foto yang kamu upload bisa menjadi lebih besar peluangnya untuk menjadi populer. Dengan memanfaatkan API dari Facebook dan Twitter, kamu bisa menemukan pengguna lainnya yang juga memiliki akun Instagram.

Upload Foto
Instagram memberikan kemudahan untuk melakukan upload foto, baik dari file foto yang sudah tersimpan di dalam telepon seluler, ataupun langsung menggunakan fitur kamera dari Instagram.

Efek Foto
Nah inilah fitur yang membuat aplikasi ini menjadi populer. Ada beberapa efek foto yang bisa kamu terapkan di foto yang kamu upload di Instagram, antara lain: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, 1977, dan Lord Kelvin, Valencia, Amaro, Rise, Hudson. Selain itu kita masih bisa melakukan retouch ulang ke foto yang diupload, misal mengatur ulang kecerahan, kontras dan sebagainya

Judul Foto
Instagram memberikan fitur pengisian judul foto. Istimewanya kita bisa memention pengguna lain dengan memasukkan nama user dan didahului dengan karakter @, misal jika ingin mennyinggung user Instagram saya, pada judul bisa ditulis seperti ini @arthajonar. Selain itu di bagian judul, kita juga bisa menambahkan label dengan menambahkan karakter # di depan label yang ingin ditulis. misal #Indonesia. Guna label ini untuk mengelompokkan foto yang mempunyai karakter atau konten yang serupa.

GeoTagging
Fitur ini memungkinkan kamu untuk memberikan penanda lokasi di foto kamu. Misalnya kamu mengupload tempat wisata yang kamu kunjungi, dan kamu ingin memberikan penanda lokasi foto kamu, kamu bisa memanfaatkan fitur ini.

Like
Nah itu fitur yang keren. istilahnya Gimification. Kenapa dibuat seperti ini? Karena Instagram akan membuat kamu untuk menampilkan foto yang terbaik agar mendapatkan like sebanyak mungkin hingga foto kamu bisa menjadi populer.

Share ke media sosial lainnya
Fitur ini memungkinkan kamu untuk mempublikasikan apa yang kamu upload di Instagram juga tampil di halaman media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter.

Keren ya fitur-fitur Instagram. By the way, kamu udah punya akun Instagram? ini akun instagramku, jangan lupa follow @arthajonar

di Indonesia Instagram dikenal dengan singkatan IG ini mempunyai kegunaan yang beragam. Tidak hanya sekedar menjadi ajang mempublikasikan foto, tapi juga dipergunakan untuk kepentingan lainnya. Beberapa pemanfaatan Instagram di Indonesia antara lain:
Perlombaan
Perlombaan atau kontes biasanya dilakukan dengan cara memilih foto dengan like terbanyak di fotonya pada jangka waktu tertentu. Dan untuk mengelompokkan foto yang mengikuti lomba digunakanlah label, misal #lomba.

Untuk Publikasi
Ini cara yang dipakai oleh perusahaan untuk meningkatkan branding awareness terhadap perusahaan, product atau service yang dimiliki. Bisa dengan mengupload foto-foto kegiatan atau juga foto dari product. Selain itu hal lain yang saat ini banyak digunakan oleh orang Indonesia proses jual beli barang. Dengan cara mengupload foto barang dagangannya ke Instagram. Keren juga ya orang Indonesia ini. Khusus untuk pemanfaatan publikasi ini, Instagram malah memberikan dukungan penuh dengan memberikan fitur tambahan berupa Instagram businees yang bisa terkoneksi dengan Facebook Page yang kamu miliki. Untuk detail lebih lanjut mengenai Instagram Business, bisa kamu baca di page ini, https://business.instagram.com/

Selain itu, hal lain yang biasanya dimanfaatkan oleh orang Indonesia di Instagram adalah menjadi buzzer atau endorsement untuk product dan layanan tertentu. Ini terutama untuk kamu yang punya IG dengan follower yang banyak, juga tingkat popularitas setiap foto yang kamu upload juga tinggi. Biasanya akan datang penawaran untuk jadi buzzer atau kamu juga bisa mendaftarkan diri di situs-situs yang menjadi marketplace buzzer. Misalnya saja artis dengan follower sudah ratusan ribu, biasanya akan dijadikan buzzer oleh product tertentu.

Referensi:
Sejarah dari https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
Gambar logo Instagram dari http://www.jwt.com/blog/wp-content/uploads/2016/08/instagram-1581266_960_720.jpg

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.