Mudahnya Pinjaman Bisnis Tanpa Agunan

pinjaman bisnis tanpa agunan
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Siapa yang tidak menginginkan jika bisnis yang sedang dijalaninya dapat berkembang dengan pesat? Tentu saja itu adalah harapan semua orang yang sedang menjalankan sebuah bisnis. Namun di kala sedang giat menjalankan usaha, seringkali muncul beberapa kendala yang dihadapi oleh pebisnis. Misalnya saja ketika sedang mendapati bahwa bisnis yang dijalankan mempunyai potensi untuk berkembang namun ternyata bisnisnya menghadapi kendala ketika berhadapan dengan kecukupan modal untuk membuat bisnis lebih besar lagi. Tentunya masalah permodalan ini adalah suatu masalah yang sangat umum dihadapi oleh semua pebisnis. Untungnya saja saat ini sudah banyak solusi yang diperuntukkan bagi pebisnis ketika menghadapi masalah permodalan. salah satunya adalah dengan menggunakan pinjaman bisnis tanpa agunan.

Pinjaman bisnis tanpa agunan adalah salah satu solusi permodalan dari lembaga perbankan yang dikhususkan kepada pebisnis untuk membantu masalah permodalan dengan cara dan proses yang lebih mudah. Jika pada program pinjaman dari lembaga bank pada umumnya harus menyertakan suatu agunan kepada bank sebagai bentuk pemenuhan persyaratan dan penjaminan atas pinjaman yang pebisnis ambil, maka dengan pinjaman bisnis tanpa agunan ini, pebisnis tidak perlu lagi menyertakan agunan sebagai jaminannya pada saat mengajukan pinjaman kepada pihak bank.

Adapun syarat bagi pebisnis untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan ini dari lembaga perbankan juga termasuk mudah. Persyaratan umum tentunya harus sudah memiliki usaha bisnis yang berjalan. Semakin lama usaha bisnis tersebut berjalan, maka semakin besar pula pengajuan pinjaman tersebut disetujui oleh pihak bank. Selain itu, sebagai syarat administrasi, pihak perbankan biasanya akan meminta memperlengkapi dokumen-dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, SIUP/TDP, hingga ada juga yang meminta proposal usaha. Jika anda ada keinginan untuk mengambil pinjaman ini, maka sebaiknya anda harus persiapkan semenjak sekarang, mengingat untuk mengumpulkan dokumen tersebut juga memerlukan waktu yang tidak singkat.

Pinjaman tanpa agunan ini mempunyai beberapa Kelebihan jika dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya yang ditawarkan oleh lembaga perbankan. Kelebihan yang pertama adalah adanya kemudahan bagi pebisnis ketika mengajukan proses pinjaman. Pihak perbankan biasanya akan memberikan prioritas khusus kepada pebisnis yang berminat mengambil pinjaman tanpa agunan. Kelebihan yang kedua adalah proses pengajuan pinjaman yang lebih cepat jika dibandingkan dengan program pinjaman lainnya yang ditawarkan oleh bank. Hal ini disebabkan karena proses penilaian peminjam dibuat lebih mudah dengan hanya meneliti dokumen yang disertakan oleh peminjam. Kelebihan yang ketiga tentunya adalah pinjaman ini adalah pinjaman tanpa agunan. Para pebisnis yang berniat untuk mengambil program pinjaman tanpa jaminan ini tidak perlu kuatir lagi untuk mencari agunan agar mendapatkan pinjaman dari pihak bank. Tentunya syarat tanpa agunan inilah yang akan memberikan kemudahan bagi pebisnis untuk bisa mendapatkan pinjaman bisnis dari perbankan.

Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian ketika akan mengambil pinjaman tanpa agunan ini. Yang pertama adalah pinjaman tanpa agunan biasanya mempunyai bunga yang cenderung lebih tinggi daripada pinjaman denga agunan. Kemudian yang kedua, pinjaman yang akan didapatkan dari pihak bank nilainya biasanya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan pinjaman dengan agunan. Dan yang ketiga, pinjaman tanpa agunan ini mempunyai termin waktu peminjaman yang lebih singkat jika dibandingkan dengan pinjaman dengan agunan. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, maka seorang pebisnis harus betul-betul mempertimbangkan dengan matang ketika akan mengambil pinjaman tanpa agunan ini.

2 comments

  1. Saya baru Memuali belajar di bidang logistics, ingin memahami bagai mmana procedure untuk pengiriman barang export Dan import barang, serta step step Yang harus di Jalaninya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.