Wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience
Blog wisata

Pengalaman Seru Wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience

Keluarga saya gemar sekali untuk melakukan perjalanan wisata. Kami sering mengunjungi ke berbagai tempat wisata yang ada di suatu daerah.

Sebelum melakukan perjalanan wisata, kami selalu memastikan untuk membuat perencanaan terlebih dahulu. Biasanya, empat hal inilah yang kami pertimbangkan jika akan melakukan perjalanan wisata, antara lain:

  1. Transportasi
    Kami akan memastikan moda transportasi apa yang akan kami gunakan. Bisa dengan mobil pribadi, bis, kereta api ataupun pesawat.
  2. Penginapan
    Jika harus bermalam, maka kami harus memastikan untuk memilih tempat penginapan yang tepat untuk keluarga kami.
  3. Tempat Wisata
    Kami akan merencanakan tempat wisata mana yang akan kami tuju. Pertimbangannya adalah jarak tempuh, kemudahan akses dan sebisa mungkin saling berdekatan agar lebih banyak lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi.
  4. Biaya
    Ini yang paling penting. Pastikan semua biaya yang harus dikeluarkan. Mulai dari biaya transportasi, biaya menginap hingga biaya masuk ke tempat wisata.

Meski tidaklah selalu tepat persis dengan apa yang kami rencanakan, setidaknya kami memiliki panduan yang jelas.

Setelah kami melakukan perencanaan, maka selanjutnya tinggal menjalankan rencana yang telah kita susun. Perjalanan yang kami lakukan memang paling banyak dengan menggunakan mobil. Ada empat alasan mengapa kita sering menggunakan mobil untuk berwisata antara lain sebagai berikut:

  1. Waktu yang fleksibel
    Dengan menggunakan mobil pribadi, kita bisa dengan bebas untuk memilih kapan waktu berangkat, kapan waktu menuju ke tempat wisata.
  2. Jangkauan tempat wisata
    Jangkauan tempat wisatapun bisa lebih luas karena kita menggunakan mobil pribadi
  3. Biaya yang relatif lebih murah
    Menurut kami, jika menggunakan mobil pribadi kita bisa mengeluarkan biaya yang lebih murah.
  4. Bisa membawa bagasi yang lebih banyak
    Keistimewaan lainnya adalah jika memakai mobil pribadi, bawaan kita bisa lebih banyak karena bagasi yang luas.

Jangkauan mobilitas kami berwisata dengan mobil bisa dibilang relatif jauh. Kami sudah pernah melakukan perjalanan dengan mobil dari Surabaya ke Bali hingga dari Surabaya ke Jakarta. Beruntung saat ini jalan tol sudah terbangun sehingga memberikan kemudahan bagi kita yang menggunakan mobil untuk menuju ke tempat-tempat wisata.

Jika menggunakan mobil tentunya diperlukan persiapan yang matang. selain mempersiapkan perencanaan, tidak lupa kita harus melakukan pengecekan pada mobil yang akan kita kendarai. Jika ingin lebih yakin mengenai kondisi mobil yang akan kita kendarai untuk berwisata nanti, maka ada baiknya untuk membawa mobil tersebut ke bengkel yang anda percaya untuk dilakukan general checkup ataupun melakukan tune up pada mesin mobil anda. Dengan demikian, sebagai pengemudi kita menjadi yakin dengan mobil yang kita kendarai.

Memang benar jika menggunakan mobil kita bisa menempuh jarak yang jauh dengan biaya yang efisien. Namun ada juga sesuatu yang harus kita pertimbangkan jika kita ingin mengendarai mobil untuk berwisata yaitu waktu dan tenaga kita. Jika kita mengendarai mobil, maka kita harus menyediakan waktu dan tenaga kita untuk mengendarainya, sehingga jika kita harus menempuh jarak yang jauh, tentu kita harus pertimbangkan hal ini. Karena mungkin bisa saja moda transportasi lain akan jauh lebih efisien. Misalnya seperti bis umum, pesawat, kereta api tentunya akan memberikan kenyamanan bagi kita dan bisa menempuh jarak yang lebih jauh dengan waktu dan tenaga yang lebih sedikit kita keluarkan. Sekali lagi ini adalah pilihan untuk kita, moda transportasi apa yang kita pilih pada saat akan berwisata ke suatu daerah, apakah akan menggunakan mobil pribadi ataukah memakai kendaraan umum seperti bis, kereta api ataupun pesawat.

Wisata ke Solo

Sebetulnya sudah sejak jauh hari kami ingin sekali berwisata ke Solo. Kalau saya sih pernah, waktu SD dulu. Sudah lama banget. Seingat saya, waktu itu berdarmawisata ke Solo mengunjungi keraton Solo.

Dengan adanya tol yang sudah tersambung dari Surabaya hingga ke Solo membuat keinginan untuk berwisata ke solo semakin kuat. Akhirnya kami mulai merencanakan untuk pergi berwisata ke Solo.

Dan beruntunglah di jaman now ini kita diberi banyak sekali kemudahan dalam melakukan perencanaan ketika akan berwisata. Saat ini sudah banyak platform digital yang bisa membantu kita dalam melakukan perencanaan wisata. Namun kami memilih Traveloka sebagai platform andalan kami. Ada beberapa sebab kenapa kok kami memilih Traveloka sebaga platform andalan, antara lain:

  1. Menyediakan pilihan hotel yang lengkap
  2. Mau cari tiket, di sini tempatnya
  3. Mendapatkan poin di setiap transaksinya

Wah enak banget bukan.

Begini Rencana Kami

di Solo kami berencana untuk melakukan wisata kuliner dan mengunjungi beberapa tempat wisata di sana. Kami memilih untuk berangkat di hari sabtu sepulang saya kerja dan pulang di hari minggu. Berarti kami harus menginap di Solo, dan kami berencana akan menggunakan mobil pribadi untuk menuju ke Solo.

Untuk memilih hotel, kami tinggal membuka aplikasi Traveloka, dan dengan mudahnya kita bisa mendapatkan hotel yang sesuai dengan keinginan kita.

Tapi sekarang Traveloka gak hanya bisa pesan hotel atau tiket pesawat saha lho. Sekarang Traveloka memiliki program keren untuk kamu yang doyan melakukan perjalanan wisata, namanya Traveloka Xperience. Sesuai dengan namanya, Traveloka Xperience ingin kamu bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan pada saat berwisata nanti. Traveloka Xperience menawarkan berbagai macam pilihan, mulai dari tiket masuk ke tempat wisata, makanan khas di suatu daerah yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, hingga paket tur yang ditawarkan. Semuanya komplet di sini. Setelah kita melakukan perencanaan dengan menentukan tanggal keberangkatan, lama wisata, tempat menginap, kita juga bisa membeli tiket tempat wisata yang kita kunjungi di Traveloka Xperience.

#XperienceSeru dengan Traveloka Xperience

Sepulang kantor, saya bergegas pulang ke rumah untuk melakukan persiapan berwisata ke Solo. Setelah siap, kami segera berangkat. Namun perjalanan menuju ke Tol Waru agak tersendat, karena memang biasanya di hari sabtu jalan tersebut sering padat. Hampir setengah jam, akhirnya kami bisa lolos dan menuju tol.

Pada saat awal, istri saya mengendarai lebih dahulu mobilnya. Selain di tol yang relatif lebih sepi, pertimbangan lainnya adalah supaya saya bisa beristirahat sejenak karena sebelumnya saya masih masuk kantor.

Kami sudah berencana untuk mengunjungi De Tjolomadu sebuah bekas pabrik gula yang saat ini dijadikan semacam museum dan The Heritage Palace yang juga merupakan sebuah bekas pabrik. Keduanya menawarkan atraksi yang hampir sama, yaitu lokasi wisata yang instagramable. Nah beruntungnya kedua tempat wisata ini sudah ada di Traveloka Xperience. Untuk tiket De Tjolomadu bisa dibeli di sini. Sedangkan tiket the Heritage Palace bisa dibeli di sini. Yuk kita mulai keseruan wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience.

De Tjolomadu

Tujuan pertama kami adalah ke De Tjolomadu karena buka hingga malam. Jadi ketika berangkat dari Surabaya siang, tepat pukul enam malam kita sudah tiba di De Tjolomadu.

Setibanya di tempat, kami langsung menuju ke loket pembayaran tiket, dan menukarkan tiket yang kami beli melalui Traveloka Xperience.

Di Loket, kita tinggal menunjukkan barcode pembelian tiket yang ada di aplikasi Traveloka untuk discan.

Setelah mendapat tiket masuk, kami sempatkan sejenak untuk berfoto di halaman depan, tepatnya di pintu masuk De Tjolomadu

Wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience
Bagian Depan De Tjolomadu

Ketika masuk, tangan kita akan ditandai dengan stempel

Wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience
Begini Bentuk Stempelnya

Masuk ke bagian dalam De Tjolomadu, kita bakalan langsung diperlihatkan mesin-mesin besar pengolah gula. Tidak hanya itu di berbagai sudut De Tjolomadu menunjukkan berbagai informasi menarik tentang pergulaan, termasuk sejarah dari pabrik gula Tjolomadu. Jadi selain kita bisa mendapatkan sudut-sudut foto yang instagramable banget, kita juga bisa mendapatkan pengayaan tentang berbagai informasi yang disajikan oleh De Tjolomadu.

The Heritage Palace

Agenda wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience berikutnya adalah menuju ke The Heritage Palace. Setelah beristirahat semalam, besoknya kami menuju ke The Heritage Palace.

Meski lokasinya tidak berada di kota Solo atau tepatnya di kabupaten Sukoharjo, namun bisa dibilang jaraknya cukup dekat. Kurang lebih sepuluh kilometer jika berkendara dari kota Solo. Yang istimewa dari The Heritage Palace adalah tempat yang instagramable banget.

Hampir sama dengan De Tjolomadu, The Heritage Palace juga merupakan bekas pabrik gula yang disulap menjadi tempat wisata. Bedanya adalah, De Tjolomadu yang masih mempertahankan identitasnya sebagai bekas pabrik gula, sedangkan The Heritage Palace sudah menghilangkan kesan itu, tetapi masih mempertahankan bentuk fisik pabriknya, sehingga sangat apik menjadi latar belakang saat kita berfoto di sana.

Untuk masuk ke dalam, kita harus membeli tiket terlebih dahulu. Namun beruntung, Traveloka Experience juga menyediakan penjualan tiket The Heritage Palace ini. Langsung deh beli di Traveloka.

Wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience
Yuk Beli Tiketnya di Traveloka Xperience

Selanjutnya tinggal menunjukkan barcode dari aplikasi Traveloka kepada petugas yang ada di loket pembelian tiket untuk discan.

Wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience
Tinggal Tunjukkan Barcodenya Saja

Di bekas pabrik yang didirikan pada tahun 1920 ini, kita bisa menikmati tiga tempat, yaitu area outdoor untuk berfoto, kemudian arena pameran mobil antik, selanjutnya arena tiga dimensi dan arena terbalik. Semuanya bisa kita nikmati dengan membeli tiket di Traveloka Xperience.

Di area outdoor, kita bisa berfoto dengan latar belakang bekas pabrik. Hasil fotonya keren banget lho.

Selain itu kita juga bisa melihat berbagai koleksi mobil antik dari pembuatan yang cukup lama. Kita bisa berfoto dengan latar belakang mobil antik yang keren.

Arena Pameran Mobil Antik

Arena lainnya adalah berbagai gambar tiga dimensi. Kamu bakalan puas berfoto dengan berbagai latar belakang gambar tiga dimensi. Di arena gambar tiga dimensi kamu juga bakalan dibantu oleh para pemandu untuk mengarahkan cara mengambil gambar yang bagus atau juga membantu mengambil foto kamu.

Setelah dari arena gambar tiga dimensi, kita bisa menuju ke arena terbalik yang juga menyediakan berbagai obyek yang bagus buat berfoto.

Puas….

Bagaimana cerita pengalaman saya wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience? Seru banget ya. Memang bener nih, kota Solo ini sungguh tepat untuk menjadi salah satu obyek wisata andalan yang sangat cocok buat keluarga. Akses menuju ke kota Solo yang mudah, banyak tempat penginapan, belum lagi banyak kuliner yang enak juga tidak lupa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sayangnya saya cuma berada di Solo dalam satu hari satu malam saja. Padahal masih banyak lagi yang bisa dijelajahi di kota Solo. Lain kali saya akan kembali lagi ke kota Solo.

Avatar
Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

2 thoughts on “Pengalaman Seru Wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.