hari pahlawan 2014
about life

Peringatan hari pahlawan 2014

Peringatan hari pahlawan 2014 kali ini cukup berbeda, karena inilah hari pahlawan pertama dalam masa pemerintahan Jokowi – JK.

hari pahlawan 2014Sejarah hari pahlawan pada tanggal 10 november adalah untuk menghormati perjuangan pahlawan Indonesia dan tanggal 10 november dipilih karena tanggal tersebut merupakan tanggal dimulainya perjuangan rakyat Indonesia khususnya di Surabaya dengan segala patriotisme dan rela berkorban untuk mengusir penjajah dari negeri ini. Peristiwa perjuangan rakyat Surabaya inilah yang menjadikan tanggal 10 november ditetapkan sebagai hari pahlawan dan Surabaya mendapat julukan sebagai kota pahlawan. Tautan sejarah mengenai perjuangan arek-arek Suroboyo dapat anda baca di sini

Definisi pahlawan seperti yang ada di wikipedia sebagai berikut:  Pahlawan (Sanskerta: phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani

Pada peringatan hari pahlawan 2014, pemerintah telah menetapkan tema “Pahlawanku Idolaku” untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik panutan maupun figur teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu juga pada tahun 2014 ini ditetapkan Empat orang yang akan dianugerahkan gelar pahlawan yaitu Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting (asal Sumatera Utara), Sukarni Kartodiwerjo (asal Jawa Timur), Muhammad Mangundiprojo (asal Jawa Tengah), dan KH Abdul Wahab Hasbullah (asal Jawa Timur).

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.