Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo
wisata

Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo

Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo
Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo

Waktu menuliskan judul tulisan ini, saya benar-benar memang terpesona dengan pantai pasir putih Situbondo.

Ini buktinya?

Sebetulnya gampang saja untuk membuktikan mengapa bagi saya pesona pantai Pasir Putih Situbondo ini begitu menggoda, yaitu dari frekuensi saya berkunjung ke tempat ini yang cukup sering. Meski bisa dibilang banyak pantai lain yang pernah saya kunjungi lebih indah, namun tetap saja pantai Pasir Putih Situbondo mempunyai pesona tersendiri.

Lokasi
Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di jalan raya Situbondo dan berada di sisi utara pulau Jawa. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan raya sehingga bisa dibilang akses untuk menuju tempat ini begitu mudah. Kita bisa menuju ke tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Selain itu kita juga bisa menggunakan angkutan umum seperti bis jurusan Probolinggo ataupun Banyuwangi, kita tinggal sampaikan kepada kondektur bis untuk turun di Pasir Putih Situbondo. Untuk lokasi di google map bisa diakses dari link berikut ini.

Nah kali ini, sekali lagi saya mengunjungi pantai pasir putih Situbondo. Saat itu saya berangkat bersama keluarga dari Sidoarjo pada pukul 04.30 dan tiba di pantai Pasir Putih Situbondo pada pukul 08.00, berarti kurang lebih perjalanan dari Sidoarjo menuju ke Pantai Pasir Putih Situbondo selama 3,5 jam. Perjalanan agak tertolong dengan adanya tol dari Sidoarjo yang sudah sampai di Probolinggo. di Probolinggo saya keluar tol Probolinggo barat, dan melanjutkan jalan ke Situbondo dengan jalan non tol.

Perbaikan Jalan

Sepanjang perjalanan ke pasir Putih Situbondo tampak ada beberapa perbaikan jalan (Pengecoran beton), sehingga beberapa ruas kita harus melambatkan kendaraan ataupun harus bergantian jalannya dengan kendaraan dari arah sebaliknya.

Tiket Masuk
Sesampainya di pasir putih Situbondo, kami memilih ke gerbang masuk nomer tiga. Dan di depan sudah ada petugas yang menarik tiket masuk.
Untuk masuk ke area wisata, kita akan dikenakan tiket seharga 10,000 per orang. Sedangkan jika kita membawa kendaraan sendiri, maka kita akan dikenakan tarif parkir sebesar 10,000. Sayangnya oleh petugas kami tidak diberikan tiket, baik itu tiket masuk maupun karcis parkir.

Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo
Tiket Masuk ke Pasir Putih Situbondo

Karena masih sepi, sayapun memilih untuk memarkirkan mobil saya di bawah pohon. Ya hitung-hitung supaya nanti mobilnya tidak terlalu panas karena tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selanjutnya langsung kami berganti kostum untuk bermain di pantai.

di pantai Pasir Putih Situbondo ini banyak kegiatan yang bisa kita lakukan. Beberapa di antaranya:

  1. Bermain Pasir di pinggir pantai
    Siapa yang tidak suka bermain pasir di pinggir pantai? Rasanya hampir semua orang menyukainya. Meski warna pasir di pasir putih sudah tidak seputih dulu (malah cenderung hitam), namun kawasan pantainya cukup bersih, sehingga membuat nyaman bagi pengunjung yang ingin bermain pasir.
  2. Berenang di pantai
    Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di pantai Pasir Putih Situbondo adalah berenang. Air lautnya sangat tenang dan bersahabat. Namun demikian, pihak pengelola tetap memberikan batasan area yang boleh digunakan untuk berenang. Kalau tidak bisa berenang, kita juga bisa menyewa ban buat mengapung di air. Dengan tarif 10,000 saja kita bisa bermain dengan memakai ban sepuasnya.
  3. Bermain Kano
    di pantai ini juga menyediakan penyewaan Kano. Kita cukup merogoh kocek sebesar 35,000 saja untuk menyewa kano selama satu jam. Meski ada batasan waktu selama satu jam, tetapi pada kenyataannya pihak penyewa tidak menghitung waktunya. Artinya kita bisa menggunakan kano untuk eksplorasi di pinggir pantai Pasir Putih Situbondo sepuasnya.
  4. Naik Perahu Layar
    Sepanjang pantai kita bisa melihat banyak kapal layar yang berlabuh. Kita bisa menyewa kapal tersebut untuk berkeliling dengan harga 100,000 per kapal. Menurut saya harga ini cukup murah dan mereka bisa menawarkan dengan harga tersebut karena kapal mereka adalah kapal layar yang tidak memerlukan bahan bakar. Ada beberapa keuntungannya, yang pertama harga lebih murah dan yang kedua adalah sepanjang perjalanan tidak berisik dengan suara mesin kapal ataupun bau asap dari mesin kapal. Kamu benar-benar bisa menikmati semilir angin sepanjang perjalanan.
  5. Melihat Terumbu Karang
    Saat kita menyewa perahu layar, oleh pemilik kapal biasanya akan diajak untuk melihat terumbu karang. Wah kalau begini jadi teringat masa kecil saya dulu. Saya sekeluarga bersama papa, mama dan kakak saya pertama kali ke pasir putih dan naik perahu dan juga diperlihatkan gugusan terumbu karang.
    Namun sayangnya terumbu karangnya sudah tidak seindah dulu. Sempat memang banyak eksplorasi terumbu karang yang dijual oleh penduduk setempat, sehingga mengakibatkan banyak terumbu karang yang hilang ataupun rusak. Namun beberapa tahun belakangan, dengan sosialisasi kepada masyarakat setempat dan bantuan komunitas, pelan-pelan terumbu karang di pantai Pasir Putih Situbondo dikonservasi dan mulai tampak hasilnya.
    Semoga hasil konservasinya bisa segera kita nikmati, agar dapat kembali menikmati keindahan terumbu karang beserta ikan-ikan yang bermain di sekitarnya.
  6. Berfoto di dermaga
    Entah kapan dermaga ini dibuat dan untuk apa, namun area dermaga ini adalah spot yang bagus untuk berfoto. Apalagi pas sunset ya, wah keren banget tuh.
  7. Diving
    Pantai pasir Putih Situbondo juga menjadi salah satu dive site bagi penggemar diving. Sepertinya sih dive site di tempat ini diperuntukkan untuk latihan dan pengambilan license saja. Yang saya ingat. UKM Selam di kampus dulu sering membuat acara diklat di pantai Pasir Putih Situbondo.
  8. Snorkling
    Selain diving, kita juga bisa snorkling di sini. Ada operator yang juga menyediakan perlengkapan baik untuk diving maupun snorkling. Jadi jangan kuatir harus bawa-bawa alat ya kalau pengen diving maupun snorkling di tempat ini.
  9. Menikmati Sunset
    Kegiatan sahdu yang bisa menutup aktifitas wisata kita di pantai Pasir Putih Situbondo adalah menikmati sunset. Meski memang posisi matahari tidak tepat kita lihat tenggelam di tepian lautnya, namun kita masih bisa menikmati temaramnya matahari hingga gelap di pantai ini. Spot yang bagus berada di area dermaga. Selain itu kita juga bisa nikmati dengan menggelar alas sambil duduk di atas pantai.

Pada saat naik perahu layar, saya menyewa perahu layar milik mas Didik. Selain menyewakan kapal, beliau ini juga bisa menjadi guide untuk snorkling maupun diving. kalau teman-teman membutuhkan sewa kapal atau guide snorkling/diving di pantai pasir putih Situbondo bisa kontak beliau di 081336422664 (mas Didik)

Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo
Bersama mas Didik

Pada hari itu rupanya sedang ada latihan gabungan TNI. Oya, memang lokasi wisata ini tidak jauh dari tempat latihan tempur TNI, kurang lebih beberapa kilometer. Nah saya beruntung bisa berfoto dengan salah satu kapal selam yang digunakan untuk latihan tempur yang sedang berlabuh di pantai Pasir Putih Situbondo.

Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo
Beruntung Bisa Berfoto Dengan Kapal Selam TNI

Selain berbagai aktifitas yang bisa kamu lakukan, kamu juga bisa menikmati hidangan kuliner yang ada di pantai Pasir Putih Situbondo. Beberapa kuliner tersebut antara lain:

  1. Ikan Bakar
    di tempat ini kita bisa dapati banyak penjual ikan bakar. Kita tinggal menuju ke warung makan yang menyediakan ikan bakar. Ikan bakar yang dijual biasanya didapat dari kampung nelayan yang berada tidak jauh dari tempat wisata pantai Pasir Putih Situbondo.
  2. Sate laler
    Sate laler atau sate lalat, begitu orang menyebutnya. Sebetulnya sate ayam biasa, hanya saja karena ukurannya kecil, maka disebut sate laler. Kita bisa mendapati banyak penjual sate ayam di sini.
  3. Pop Mie
    Nah kalau yang ini sudah umum ya. Kita tinggal beli dan nantinya bisa meminta air panas pada warung yang menjual pop mie ini.
  4. Makanan lainnya
    Selain makan yang sudah saya sebutkan, kita juga bisa mendapati menu makanan lainnya seperti nasi goreng, soto, bakso. Jadi bisa dibilang kita gak perlu kuatir untuk kesulitan mencari makanan di tempat ini.

Nah sekarang kita berbicara mengenai fasilitas apa saja sih yang ada di pantai Pasir Putih Situbondo. Berikut ini beberapa fasilitas yang disediakan, antara lain:

  1. Penginapan di pinggir Pantai
    Di sepanjang tempat wisata ini kita bisa dapati banyak tempat penginapan. Kebanyakan hotel yang ada di tempat ini dimiliki oleh instansi pemerintahan, namun boleh disewa oleh masyarakat umum. Ada kelebihan jika kita berkunjung ke pasir Putih Situbondo dan menginap di sana yaitu kita bisa menikmati sunset di sore hari dan di pagi hari kita bisa bermain di pantai dengan udara yang masih segar dan belum terkena terik matahari.
  2. Toilet dan Kamar mandi untuk berbilas
    Bagi yang melakukan aktifitas di pantai gak perlu kuatir mencari tempat untuk berbilas. Kita dapat dengan mudah menemukan tempat berbilas dan toilet di sini. Pada saat saya berkunjung, tarif untuk berbilas sebesar 3,000. Airnya sangat melimpah dan kamar mandi terpelihara kebersihannya.

Oleh-Oleh
Tentunya tidaklah lengkap jika kita berkunjung ke suatu tempat tanpa membawa oleh-oleh dari tempat tersebut. Seperti di tempat wisata lainnya, di pasir putih Situbondo ini juga kita bisa mendapati oleh-oleh khas, mulai dari kerajinan hias dari kerang, kemudian olahan hasil laut seperti ikan asin, petis, terasi dan kerupuk ikan. Kita juga bisa dapati penjual kaos dan baju bermotif atau bertuliskan Pasir Putih Situbondo.

Nah benar kan kalau pesona pantai Pasir Putih Situbondo betul-betul memukau. Mulai dari segala aktifitas yang bisa kita lakukan di sana, kemudian kita bisa menikmati hidangan kuliner di pantai Pasir Putih Situbondo, hingga membawa oleh-oleh khas dari pantai Pasir Putih Situbondo. Kalau kamu belum pernah ke sini, tentu kamu harus segera menjadwalkan untuk main ke sini. Dan rekomendasi saya adalah kamu harus mencoba untuk menginap di pantai Pasir Putih Situbondo biar bisa lebih maksimal menikmati wisata di pantai Pasir Putih Situbondo.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.